Sumber Air Bersih IPA di Wilayah Kotamobagu Selatan Mulai Beroperasi

Manadonews.co.id, Kotamobagu — Sumber air bersih yang disalurkan dari Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Poyowa Besar kini bisa dinikmati oleh sejumlah warga Kecamatan Kotamobagu Selatan. Dimana sampai dengan tahun ini, sambungan meteran air dari IPA tersebut sudah terpasang sekitar 900-an lebih.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu, Claudy Mokodongan melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Yeyen Yambo menuturkan, untuk wilayah Kotamobagu Selatan sebagian besar sudah di lewati jaringan air dari IPA tersebut. Namun, untuk Desa Kopandakan I air mengalir baru dijalur sebelah kiri dikarenakan masih melihat berapa besar debit air yang masuk.

“Jika sudah baik maka akan dibuat lagi pada jalur kanan. Kita pastikan dulu debit air dari IPA Poyowa Besar cukup atau tidak. Jika sudah bisa memenuhi di jalur kiri dan kanan, baru kita alirkan airnya secara normal. Pun tim kami juga sedang melakukan perbaikan dan pemeliharaan sambungan meteran di beberapa titik yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Ditanya jika sudah ada pembayaran retribusi untuk wilayah kopandakan I, Yeyen mengaku belum ada. Hal ini dikarenakan masih ada perbaikan jaringan. Tetapi untuk Poyowa Besar, Tabang, Bungko dan sebagian Motoboi Kecil sudah jalan untuk pembayaran retribusi.

Baca Juga:  Rekrutmen CPNS Kotamobagu Masih Menunggu Surat Dari MenPAN-RB

“Intinya kita utamakan dulu pelayanan dan penyaluran air bersih kepada warga. Nah jika sudah normal, maka masyarakat itu sendiri yang akan membayar retribusinya, otomatis untuk PAD akan tercapai. Saya berharap, agar kedepan air bersih ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat yang memasang sambungan air dari IPA ini,” jelasnya.

Terpisah, salahsatu warga Desa Kopandakan I mengaku senang dengan telah mengalirnya sumber air bersih. Meski demikian, ia meminta kepada Dinas PUPR Kotamobagu agar secepatnya bisa menyalurkan air dijalur kanan.

“Terima kasih atas kepedulian pemerintah dalam mempercepat penyaluran air di desa kami. Namun, saya berharap air dijalur kanan juga bisa mengalir. Agar kedepan semua masyarakat dapat menikmati sumber air bersih ini,” tukasnya.

(MLS)

Tags: ,

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3338 votes

This will close in 10 seconds