Logo Pohon Kelapa dan Pataka Polda Sulut Maesa’an Waya Miliki Makna Spirit Bhineka Tunggal Ika

MANADO,Manadonews.co.id-.Selama puluhan Tahun Polda Sulut mengunakan pataka Sarwa Bhrata Eka, akhirnya Kamis (09/07/2020)  pataka dan logo Polda  resmi berganti Menjadi Maesa’an Waya.

Setelah sebelumnya dilakukan soft launching di puncak gunung Klabat, Minggu (5/7/2020) lalu. Penggantian nama pataka dan logo Polda ini dilakukan melalui upacara yang dipimpin Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM, di Lapangan Mapolda Sulut, Kamis (09/07/2020).

Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa menjelaskan alasan penggantian logo Polda dan nama pataka ini karena logo Sarwa Bhrata Eka, masih merupakan logo ketika Polda Sulut masih membawahi wilayah Sulawesi Utara dan Tengah serta Gorontalo.

“Hari ini adalah hari bersejarah untuk Sulawesi Utara, khususnya untuk para insan Bhayangkara di Nyiur Melambai ini. Kami sudah sepakat secara internal, mengajak masyarakat secara eksternal, akademisi, tokoh masyarakat, mensiasati, meneliti, menelaah kembali logo atau pataka yang sudah ada,”ujar Kapolda.

Kapolda Menambahkan nama pataka Polda yang lamaa masih menggunakan Bahasa Sansekerta, dan sekarang digantikan dengan bahasa daerah. Maesa’an Waya, artinya bersama untuk bersatu dan bersatu untuk bersama atau torang samua basudara, Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga:  Polda Sulut Praktekan Cara Meracik Hand Sanitizer dan Disinfektan

“Inilah sejarah bagi kita semua. Makna dan isi dari pada Maesa’an Waya adalah pohon kelapa dengan latar belakang ombak yang menantang, menunjukkan bahwa pohon kelapa sebagai sebuah kemakmuran, pohon kesejahteraan untuk Sulawesi Utara. Kemudian ombak yang begitu kuat menggambarkan bahwa masyarakat Sulut adalah orang-orang yang tangguh, yang berani, yang kuat menghadapi bahaya dan tantangan,” jelas Kapolda.

Ini merupakan bentuk kekuatan personil untuk memajukan tugas-tugas Kepolisian, mengabdi kepada bangsa dan negara serta melayani masyarakat.
(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
390 votes

This will close in 10 seconds