Jaga Kebugaran, Pingkan Mandagi Jalani Program Latihan Mandiri

MANADO,Manadonews.co.id-.Tertundanya iven Terjun Payung level nasional akibat Pandemi Covid-19 membuat sejumlah atlet cabang olahraga Terjun Payung Sulut, yang tengah bersiap menghadapi PON XX Papua, harus terus menjaga kebugaran.

“Kami berlatih secara mandiri untuk menjaga kebugaran,” ujar Pingkan. Ia juga bersyukur karena pihak KONI Provinsi Sulut telah mendistribusikan peralatan latihan mandiri untuk atlet-atlet terjun payung.

Namun, ia berharap salah satu peralatan yang menunjang program latihan atlet terjun payung, bisa diadakan oleh KONI.

“Ada peralatan latihan yang kami ajukan kepada pihak KONI Sulut yaitu untuk menunjang teknik saat menjalani lomba,” tuturnya. Meski telah memiliki segudang pengalaman di cabang olahraga Terjun Payung, Pingkan mengakui bahwa masalah kebugaran atlet perlu menjadi perhatian serius.

Sebab, fisik yang prima menjadi salah satu penunjang ketika menghadapi sebuah pertandingan yang cukup menyita waktu.

“Saya kira dengan fisik yang prima, atlet siap untuk menghadapi setiap pertandingan,” lanjutnya.

Sementara itu, cabor lain yang juga telah melakoni program latihan secara mandiri adalah Kempo dan Bola Basket. Meski hanya dipantau melalui rekaman atau dalam bentuk foto, tapi apa yang dilakukan para atlet patut diapresiasi.

Baca Juga:  Pordasi Sulut Tampil Semangat di Kejurnas Salatiga

Sebab, tanpa harus diawasi oleh pelatih dalam berlatih, para atlet sudah tahu apa yang harus dilakukan sesuai dengan program yang telah diberikan oleh tim pelatih. Cabor yang terpantau sudah menjalani program latihan baik secara mandiri maupun bersama-sama adalah Pencak Silat, Bola Voli, Tinju, Catur, Bulutangkis, Selam, Sepakbola dan Karate sertai Taekwondo. Khusus untuk cabor pencak silat, hasil laporan dari tim pelatih, para atlet sudah berlatih bersama di Kawasan KONI Sario Manado.

Sementara cabor sepakbola, menurut Pelatih Rudy Manumpil, para pemain sudah diberikan program dan berlatih di masing-masing lokasi yang berdekatan dengan tempat tinggal. Tapi, jika ada pemain yang berdekatan rumahnya dengan lapangan sepakbola, bisa memanfaatkannya dengan menjalani latihan sesuai dengan program yang sudah diberikan oleh pelatih. Cabang olahraga motor juga tetap berlatih menjaga kebugaran di beberapa lokasi.

Hal itu dibenarkan oleh Sekum Pengprov IMI Sulut, Christian Egam, yang juga adalah salah satu pelatih. Menurutnya, selama ini meski Pandemi Covid-19 masih mewabah, tapi para atlet motor tetap berlatih di daerah pedalaman. Kemudian untuk cabang olahraga Selam, menurut Nelson Uada, pelatih nomor laut, selain berlatih bersama sesuai jadwal Selasa, Kamis dan Sabtu, para atlet juga diarahkan untuk berlatih mandiri di rumah masing-masing dengan menggunakan peralatan latihan fisik yang diberikan oleh KONI Provinsi Sulawesi Utara.
(Ben)

Baca Juga:  Pemprov Sulut Beri Bantuan bagi Lansia di Pineleng I
Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1411 votes

This will close in 10 seconds