Pilkada Manado 2020: Moncong Putih Berusaha Pecahkan Mitos

Manado – Selain Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), 7 kabupaten dan kota di Sulut akan menggelar Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Ke 7 kabupaten dan kota tersebut adalah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Minahasa Selatan (Minsel), Bolmong Timur (Boltim), Bolmong Selatan (Bolsel), Kota Manado, Bitung dan Tomohon.

Tanpa mengesampingkan kabupaten dan kota lainnya, Kota Manado menjadi target utama kemenangan PDI Perjuangan.

Maklum saja, menurut pengamat politik dari Tumbelaka Academic Centre (TAC), Taufik Manuel Tumbelaka, Manado adalah ibukota Provinsi Sulut, serta sejarah Pilkada langsung sejak 2005, PDI Perjuangan belum sekalipun menang di Kota Manado.

“Sebagai ibukota provinsi tentu Manado menjadi incaran serius menang semua partai. Namun, PDI Perjuangan juga punya motivasi lain yakni berusaha pecahkan mitos kemenangan di Kota Manado,” ujar Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Jumat (10/7/2020).

Peluang menang PDI Perjuangan di Kota Manado, menurut mantan aktivis mahasiswa UGM ini, sangat terbuka mengacu pada beberapa figur kompetitif yang dipunyai.

“Mereka (PDI Perjuangan) punya nama-nama berelektabilitas tinggi seperti Andrei Angouw, James Sumendap, Richard Sualang, Arthur Kotambunan, dan lainnya,” tukas Tumbelaka.

Baca Juga:  Mandagi Hadiri Pelantikan GNPK Kota Tomohon.

Sehingga, lanjut Tumbelaka, PDI Perjuangan tidak akan mengalami kesulitan mengajukan pasangan calon.

“Apalagi, PDI Perjuangan punya sepuluh kursi dewan kota bisa mengusung pasangan calon sendiri tanpa koalisi. Namun, mengacu pada dinamika politik Kota Manado sangat fleksibel PDI Perjuangan harus merangkul semua kelompok agama, suku dan lainnya,” jelas Taufik Tumbelaka.

Senada diungkapkan pemerhati politik, Ventje Bilusajang, kemenangan pada kontestasi pemilihan anggota legislatif di Pemilu 2019 lalu, menjadi modal besar PDI Perjuangan menang Pilkada Kota Manado.

“Sepuluh kursi DPRD Kota Manado dan tiga kursi DPRD Sulut Dapil Kota Manado jika berhasil dikonversi menjadi suara untuk pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan nanti maka kemenangan bisa digapai,” terang Bilusajang.

(YerryPalohoon)