Realisasi NPHD Paling Minim, Mendagri Tito Karnavian “Semprot” Pemkab Minut

MANADO,MANADONEWS.co.id- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian sangat mengapresiasi daerah yang telah mengirimkan dana naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) hingga 100 persen ke pelaksana Pilkada Serentak 2020 di Sulut.

“Data yang ada di Sulut ada pemerintah daerah yang sudah mentransfer ke KPU (Komisi Pemilihan Umum sebesar 100 persen,” kata Tito dalam Rakor bersama Gubernur Sulut dan para kepala daerah serta KPUD dan Bawaslu Sulut, Kamis (16/7/2020) di aula kantor Gubernur Sulut.

Adapun daerah yang sudah mengirimkan 100 persen dana ke KPU yakni Kabupaten Bolmong, Bolsel, Bolmong, Minsel, Kota Kotamobagu dan Tomohon.

Sementara daerah yang paling rendah realisasi NPHD adalah Kabupaten Minahasa Utara yakni baru sebesar 40 % dari total yang dijanjikan senilai 40 miliar.

“Mana Bupati Minut, ada hadir nggak”tanya Mendagri dengan nada tinggi sambil mengarah pandangannya ke tempat duduk ketua KPU Minut.

Tito menegaskan kesukseskan Pilkada tidak lepas dari persoalan anggaran pelaksanaan, apalagi saat ini membutuhkan anggaran tambahan terkait protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga:  Bertemu Lansia, Ini Pesan Wali Kota Tomohon

“Saya minta Pemkab Minut harus segera menepati janji sesuai yang disepakati dalam NPHD” tegas Mendagri Tito Karnavian sambil mengapresiasi pemerintah daerah yang telah melunasi janji yang tertuang dalam naskah NPHD.

Pada kesempatan itu Mendagri secara langsung menanyakan komitmen Pemkab Minut terkait masih minimnya realisasi NPHD kepada KPU dan Bawaslu.

“Dana yang ada hanya mampu membiayai operasional dan kebutuban lainnya hanya sampai bulan Juli Pak Mendagri.”tutur Ketua KPU Minut stella Runtu dengan tegas sambil menambahkan bahwa pihak Pemkab Minut telah menjanjikan sisa dari NPHD akan segera diselesaikan.

Ditempat yang sama Asisten II Pemkab Minut Allan Minkid menjelaskan bahwa Bupati telah mengarahkan agar sisa dari janji NPHD itu akan dipenuhi.

“Benar pak Mendagri, hingga saat ini realiasi NPHD Minut ke KPU Minut baru 40%, tapi kami akan tetap memenuhi sisa sesuai jumlah yang telah dijanjikan.”ujar Allan Minkid

Dalam pemaparan Mendagri dalam Rakor saat itu, selain realiasi NPHD yang paling rendah, juga terkuak kalau saat ini data pada ruang Fiskal Pemkab Minut dalam garis merah.

Baca Juga:  SWM: Manusia harus Punya Kecerdasan Spiritual

Usai Rakor Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyerahkan buku dan bantuan masker kepada pemerintah daerah di Sulut.(nando)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
661 votes

This will close in 10 seconds