Bupati Kamaru Pimpin Apel Peringatan Hari Anak Nasional

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt di dampingi Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menghadiri peringatan Hari Anak Nasional yang dirangkaikan dengan Apel Kerja Tenaga Kesehatan ASN dan THL di Lingkup Dinas Kesehatan Bolsel, Kamis (23/7/2020).

Pada acara ini juga di resmikan gedung dan fasilitas 911 di kompleks perkantoran Panango.

Hari Anak Nasional (HAN) kali ini mengusung tema “Kita Lindungi Anak Dari Pendemi Covid-19 dan Stunting Melalui Gerakan Masyakarat Hidup Sehat”.

Bupati Bolsel mengatakan melalui momentum Hari Anak Nasional ini pemerintah daerah bersama seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama dalam berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak  hak anak tanpa diskriminasi serta memastikan semua hal yang baik untuk menumbuhkan perkembangan anak.

“Selain itu juga menjamin hak dan pemenuhan kebutuhan anak-anak menjadi prioritas bagi semua warga negara baik pemerintah, orang tua, keluarga, dunia usaha, media massa agar anak indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sehingga menjadi generasi penerus yang bermoral dan berkualitas tinggi,” ucap Iskandar.

Baca Juga:  Bupati Bolsel dan H2M Safari Ramadhan di Momalia

Bupati juga menyampaikan upaya penanganan dan penurunan stunting menjadi program bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mencegah terjadinya kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan faktor multi dimensi.

Penentuan pengurangan parvalensi stunting terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan dari anak balita. Perkembangan janin dalam kandungan hingga umur 2 tahun menentukan kesehatan dan kecerdasan anak,untuk mencetak generasi yang sehat dan cerdas, langkah awal paling penting adalah memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi selama masa kehamilan hingga menginjak umur 2 tahun.

“Jika tidak terpenuhi maka anak akan mengalami malnutrisi yang menjadi cikal bakal stunting,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut pula, pemkab Bolsel telah membayarkan tunjangan insentif bagi tenaga kesehatan yang menangani covid 19.

“Dan kita daerah pertama yang membayar insentif tenaga kesehatan yang menangani Covid 19,” tambahnya.

Sedangkan untuk pembayaran tunjangan THL yang tadinya hanya dianggarkan sampai bulan juli, maka hari ini pemda telah menyiapkan anggaan pembayarannya sampai desember.

“TKD bagi ASN sampai dengan Bulan Desember,” pungkasnya.

Baca Juga:  Hargai Jasa Para Pejuang, Gubernur Berbagi Kasih bersama Para Veteran Sulut

Turut mendampingi Bupati, yakni Sekertaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy, S.STP, para Asisten Setda, Kaban BKPSDM, Kadis Kesehatan, Kaban Keuangan, Kadis KBPPA, Kabag Protokol dan Kakan Kesbang.
(Bobby)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
896 votes

This will close in 10 seconds