Ops Patuh 2020, Polres Talaud Kedepankan Preventif

TALAUD,Manadonews.co.id-.Polres Kepulauan Talaud menggelar Operasi Patuh Samrat 2020 yang pelaksanaan dimulai sejak tanggal 23 Juli – 5 Agustus 2020 atau selama 14 hari kedepan.

Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S. Irawan, SH, S.I.K , MH mengatakan, sebanyak 18 personil dilibatkan dalam operasi tersebut. Dijelaskan Kapolres, pihaknya akan mengedepankan langkah – langkah preventif dan preemtif.

“Untuk sasaran operasi yang pertama terkait dengan belum tertibnya masyarakat untuk mematuhi aturan lalu – lintas, kemudian masih adanya tingkat kecelakaan yang disebabkan karena masyarakat sendiri tidak patuh terhadap peraturan berlalu – lintas seperti tidak memakai helm, mabuk saat berkendara yang menyebabkan kecelakaan bahkan sampai meninggal dunia,” jelas Kapolres.

AKBP Alam menegaskan, meskipun langkah – langkah preventif dan preemtif dikedepankan dalam pelaksanaan operasi patuh, tetapi jika pengendara atau pengemudi kendaraan bermotor tetap tak mengindahkan, maka jalan terakhir yang diambil adalah penilangan.

“Yang kita ke depankan disini adalah memberikan imbauan dan sosialisasi untuk tertib berlalu – lintas seperti tidak melawan arus, tidak melanggar marka, menggunakan helm, tidak mabuk, kelengkapan kendaraan bermotor seperti plat nomor dan kaca spion harus ada, wajib menggunakan sabuk pengaman bagi mobil dan lain sebagainya. Kalo upaya preventif, preemtif tak diindahkan atau masyarakat tetap melanggar, maka tindakan terakhir atau represif adalah penilangan,” tegas pria yang akrab dengan wartawan ini.

Baca Juga:  Personil Polres Talaud Diuji Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

Ia juga mengimbau masyarakat dan elemen lainnya di bumi porodisa untuk dapat bersama – sama menaati peraturan lalu – lintas.

“Karena keselamatan bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Kalo kita tertib, orang lain juga akan selamat. Mari kita saling menghormati pengguna jalan lainnya,” pesannya.

Ditambahkan pimpinan korps bhayangkara di wilayah perbatasan antara Indonesia – Filipina ini, sosialisasi terkait adaptasi kebiasaan baru dan pentingnya menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid -19 juga akan menjadi salah satu edukasi yang akan disampaikan kepada masyarakat dalam operasi tersebut.
(Jelo)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
9 votes

This will close in 10 seconds