Ini Ungkapan Syukur Si Pembuat Batu Bata di Manado, Bebas Dari Hujan dan Hidup Layak Berkat RTLH Bantuan Kasad

MANADO,MANADONEWS.co.id- Serasa bermimpi di siang bolong dan tidak pernah dia bayangkan akhirnya hanya dalam hitungan hari saja, kini dapat menempati rumah yang layak huni lengkap dengan perabot yang cukup.

Itulah yang dirasakan oleh Yanje Regar (62) bersama istri dan ketiga anaknya.Yance sendiri sehari-hari berprofesi sebagai pembuat batu bata di Keluarahan Wanea, Kota Manado.

Ketika diwawancarai Manadonews.co.id Yanje menuturkan bahwa iya bersama keluarga telah puluhan tahun terbiasa hidup dengan kondisi rumah yang apa adanya yakni kondisi dinding yang tidak kokoh, atap banyak yang bocor, penerangan menumpang sama tetangga dan WC darurat.

“Setiap ada angin kencang torang pe rumah rasa mo rubuh, kalau hujan kurang tempel-tempel dengan seng bekas”cerita lelaki yang sejak umur 19 menekuni profesi sebagai pembuat batu bata.

Dia menuturkan, entah mendapat informasi darimana, beberapa anggota TNI dari Kodim 1309/Manado khususnya Koramil 1309-03/Wanea mendatanginya dengan maksud memberitahukan bahwa rumahnya akan di rehab bantuan dari Kasad.

“Mendengar ini rasa tidak percaya, tapi bapak-bapak langsung melaksanakan tugas dengan cepat.”kata lelaki paruh baya itu sambil dalam sekejab 20 orang anggota TNI rumah milikinya berubah total.

Baca Juga:  Dalam Sehari, Olly Kobarkan Semangat Ribuan Kader PDI-P Minahasa dan Bitung

Yanje menuturkan, kini dia bersama istri dan ketiga anaknya dapat tinggal dirumah yang layak huni, semua kondisi jauh berbeda dari kondisi sebelum mendapat bantuan rehab dari bantuan Kasad.

“Saya kagum dengan pertolongan bapak-bapak TNI yang kerja siang dan malam, hujan dan panas sehingga rumah kami dapat selesai di renovasi.Kami tidak dapat membalas kebaikan bapak Kasad yang sudah membantu kami, kami hanya bisa berdoa semoga bapak-bapak TNI dari pusat sampai di tempat ini selalu dalam lindungan Tuhan.”kata Regar sambil berterima kasih khusus kepada Pangdam XIII/Merdeka, Danrem 131/Santiago dan Dandim 1309/Manado yang telah melihat langsung keadaan kami khususnya anak Deysi yang catat fisik sejak lama.

Adapun penyerahan secara resmi program RTLH bantuan Kasad ini, dilaksanakan oleh Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen NTI Meyer Putong, Sabtu (8/8/2020).

Dalam kesempatan tersebut Danrem 131/Santiago menyerahkan kunci rumah kepada Yanje Regar dan sekaligus meninjau yang telah di renovasi total itu.

“Bantuan renovasi rumah ini bentuk kepedulian sosial Kasad menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 bagi keluarga yang membutuhkan bantuan khususnya untuk kondisi rumah yang tidak layak huni.”tandas Danrem sambil menegaskan sesuai perintah komando atas maka TNI akan selalu berada ditengah masyarakat dalam kondisi apapun.

Baca Juga:  Akhir Pekan, Bupati ROR Masuk Perkebunan

Kini, berkat program RTLH bantuan Kasad, maka keluarga Yanje Regar dapat hidup dengan nyaman,aman dan sehat sesuai standar hunian yang layak antara lain tersedianya penerangan, sarana MCK yang memadai serta sejumlah perabot rumah tangga lainnya.(Regina.TS)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
982 votes

This will close in 10 seconds