Delapan Pilkada-PDI Perjuangan sudah Tetapkan Enam Pasangan, Kenapa Manado Belum? Ini Penjelasan Terbaru Olly Dondokambey

Manado – Selain Provinsi Sulawesi Utara, sebanyak 7 kabupaten dan kota di Sulut akan menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dari 8 Pilkada tersebut, PDI Perjuangan telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) 6 pasangan calon.

Ke 6 pasangan calon adalah Olly Dondokambey-Steven Kandouw untuk Pilkada Sulut, Maurits Mantiri-Hengky Honandar Pilkada Kota Bitung, Carol Senduk-Wenny Lumentut Pilkada Kota Tomohon, Joune Ganda-Kevin Lotulong Pilkada Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Franky Wongkar-Petra Rembang Pilkada Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid Pilkada Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel).

Diketahui, berdasarkan jumlah kursi di DPRD, enam daerah tersebut PDI Perjuangan berhak mengusung pasangan calon tanpa berkoalisi.

Menarik, hingga kini PDI Perjuangan belum menetapkan pasangan calon untuk Kota Manado dan Kabupaten Bolmong Timur (Boltim).

Jika di Kabupaten Boltim PDI Perjuangan perlu berkoalisi, namun untuk Kota Manado sebagai peraih kursi terbanyak yakni 10 dari 40 kursi dewan kota, PDI Perjuangan berhak mengusung pasangan calon sendiri tanpa berkoalisi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, kepada wartawan di Kantor Gubernur, Rabu (12/8/2020), mengatakan untuk pasangan calon di Manado dan Boltim masih penggodokan.

Baca Juga:  Dukung Penuh UDK, Pemkot Kotamobagu Pinjamkan Gedung Eks Kantor Daerah Bolmong

“Untuk Boltim kita (PDI Perjuangan) masih menunggu siapa lawan, baru kita tentukan calon. Kalau Manado, karena pertimbangan strategis, masih dirahasiakan,” tukas Olly Dondokambey.

Soal siapa yang akan diusung, Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ini, di banyak kesempatan mengungkapkan bahwa PDI Perjuangan adalah partai terbuka.

“Sebagai partai terbuka kami akan mengusung figur terbaik dari internal partai ataupun dari kalangan lain termasuk birokrat asalkan berkomitmen mensejahterakan rakyat dan membesarkan partai,” jelas Olly Dondokambey beberapa waktu lalu.

Isi mencuat, beberapa kemungkinan skenario pasangan calon akan diusung PDI Perjuangan di Pilkada Kota Manado.

Dari kalangan politisi, Andrei Angouw dan Richard Sualang mencuat dari internal partai. Skenario lain, Andrei Angouw berpasangan dengan Ayub Ali Albugis.

Ayub Ali adalah politisi Partai Amanat Nasional (PAN) sudah periode ketiga di DPRD Sulut.

Sementara, dari unsur birokrat nama Christiano Talumepa yang akrab disapa Christal, paling dijagokan diusung partai berlogo kepala banteng moncong putih sebagai calon walikota.

Christiano Talumepa adalah birokrat senior Pemprov Sulut pernah menjabat sejumlah jabatan eselon 2, saat ini dipercayakan Gubernur Olly Dondokambey sebagai Kepala Dinas Kominfo Sulut. (YerryPalohoon)

Baca Juga:  Bupati ROR Serahkan Bantuan Pemkab untuk Kecamatan Sonder dan Tompaso Barat

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5900 votes

This will close in 10 seconds