Bawaslu Ingatkan ASN tak Terlibat Mendukung Paslon di Pilkada

MANADO,Manadonews.co.id-.Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara mengingatkan agar aparatur Sipil Negara(ASN), berhati-hati dalam memberi dukungan kepada bakal Calon Kepala daerah.

Sesuai dengan ketentuan undang-undang no 5 tahun 2014, tentang ASN dan undang-undang yang melarang ASN terlibat dalam mendukung pasangan Calon Kepala daerah.
Seorang ASN, jika terbukti mendukung bakal Calon Kepala daerah, dapat di ajukan ke Komisi ASN, untuk mendapatkan sanksi administrasi.

Hal ini di tegaskan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, Komisi ASN berhak menindak pelanggaran berupa sanksi administrasi kepada ASN, jika hal itu terbukti mendukung terhadap bakal calon kepala daerah.

“Bentuk pelanggaran tersebut, adalah pelanggaran undang-undang pemerintah lainya  seperti misalnya ucapan, tindakan atau keputusan, itu dapat kami sampaikan ke Komisi ASN, dan ini sudah ada beberapa yang  kami sampaikan,” ujar Malonda saat di wawancarai di ruang kerjanya Rabu (12/8).

Jika sampai pada penetapan bakal Calon, di harapkan tidak melibatkan ASN, namun jika ASN terlibat dalam pasca penetapan Calon, maka ada konsekwensinya.

“Setelah sudah ditetapkan pasangan Calon, dengan melibatkan ASN atau menguntungkan pasangan Calon, konsekwensinya pasangan Calon Kepala daerah tersebut  bisa didiskualifikasi, “pungkas Malonda.
(Ben)

Baca Juga:  Forkopimda Sulut Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Mitra

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
248 votes

This will close in 10 seconds