Didorong Masyarakat, Ini Jawaban Christiano Talumepa, Olly Dondokambey: Asalkan..

Manado – Nama Christiano Talumepa jadi salah-satu opsi terbaik PDI Perjuangan untuk diusung pada kontestasi politik Pilkada Kota Manado yang akan digelar serentak 9 Desember 2020.

Bukan tanpa alasan, menurut tokoh pemuda, Dino Sekoh, Christiano Talumepa yang akrab disapa Christal ini, selain dikenal juga punya elektabilitas tinggi.

“Pak Christal sudah pernah bersosialisasi. Dukungan masyarakat juga dibuktikan dengan pemasangan baliho secara sukarela,” jelas Dino Sekoh, kepada wartawan Manadonews.co.id, Kamis (13/8/2020) pagi.

Pantauan wartawan Manadonews, sosok birokrat hebat ini mendapat respons positif berbagai kalangan tampil sebagai Manado Satu, di antaranya Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Manado, beberapa Ormas Islam yang menamakan diri Tim 9 Christal, Purna Lurah Kota Manado, dokter dan tenaga kesehatan, Pepabri, Himpunan Putra Putri Angkatan Darat, pensiunan PNS, kalangan birokrat dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.

“Wajar, karena sosok Christal dianggap representasi calon pemimpin yang mampu menyelesaikan pekerjaan besar di Kota Manado mengacu pada pengalaman beliau sebagai birokrat hebat pada usia relatif muda sudah dipercayakan pada sejumlah jabatan eselon dua,” tambah Dino Sekoh yang juga pelayan khusus (Pelsus) di GMIM Sion Ranomuut ini.

Baca Juga:  Permasalahan Segel Kantor Hukum Tua Rondor, Kumtua Tuegeh Angkat Bicara

Sementara itu, Ventje Bilusajang, seorang pemerhati politik, sosial dan kemasyarakatan, menilai sosok Christiano Talumepa cocok memimpin masyarakat Kota Manado yang multi etnis dan agama.

“Hampir seluruh waktu karir birokrat beliau dihabiskan di Kota Manado. Artinya, pak Christal punya ‘passion’ dan sangat menguasai kota ini. Beliau sosok pluralisme,” jelas Ventje.

Christiano Talumepa yang dikonfirmasi wartawan Manadonews perihal dukungan masyarakat tersebut, hanya menjawab masih fokus melaksanakan pekerjaan yang dipercayakan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

“Saya fokus menjalankan tugas sebagai seorang birokrat. Kalau soal itu kita lihat saja nanti. Saya siap jika ditugaskan pimpinan,” tukas Talumepa, Kamis (13/8/2020) siang.

Diketahui, sejumlah jabatan eselon 2 pernah dijabat Christiano Talumepa semenjak Gubernur SH Sarundajang hingga Olly Dondokambey, yakni Kepala Biro Hukum, Kadis Nakertrans, Kadis Koperasi dan UMKM, Staf Ahli Gubernur, dan lainnya. Saat ini menjabat Kadis Kominfo Sulut.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, di banyak kesempatan mengungkapkan bahwa PDI Perjuangan adalah partai terbuka.

“Sebagai partai terbuka kami (PDI Perjuangan) akan mengusung figur terbaik dari internal partai ataupun dari kalangan lain termasuk birokrat asalkan berkomitmen mensejahterakan rakyat dan membesarkan partai,” kata Olly Dondokambey beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  JWS Ancam Bongkar SPBU di Ring Road

PDI Perjuangan sebagai partai pemenang di Kota Manado punya 10 dari total 40 kursi DPRD. Syarat usung pasangan calon partai atau gabungan partai wajib memiliki 8 kursi dewan kota. (YerryPalohoon)


Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5905 votes

This will close in 10 seconds