Tanggapi Pernyataan Bawaslu, Kamaru Keluarkan Beberapa Imbauan

MANADONEWS.CO.ID,-Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 sempat tertunda karena wabah Covid-19, kini tahapan tersebut kembali dilanjutkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menjadwalkan pemungutan suara Pilkada serentak tahun 2020 pada tanggal 9 Desember 2020.


Seperti yang termaktub dalam bunyi pasal 8C PKPU No 5 Tahun 2020. “Pelaksanaan pemungutan suara serentak yang ditunda karena terjadi bencana non alam Coronavirus Disease 2019 (COVID 19) dilaksanakan pada 9 Desember,” bunyi pasal 8C PKPU No 5 Tahun 2020.


Tahapan pemilukada ini dinilai menjadi salah satu titik rawan netralitas ASN. Tidak dapat dimungkiri bahwa beberapa kasus ketidaknetralan ASN dalam Pilkada terutama memasuki tahapan pencalonan dan kampanye selalu marak terjadi. Sehingga tak heran jika Bawaslu terus menkumandangkan netralitas.

Menanggapi pernyataan Ketua Bawaslu kabupaten terkait netralitas ASN dalam menghadapi hajatan Pemilukada serentak 2020, dengan tegas Bupati Bolsel Iskandar Kamaru melalui Kepala Dinas Kominfo Bolsel Aldy setiawan gobel, menyampaikan kepada seluruh pegawai pemerintah, Baik ASN, Sangadi (Kepala Desa) dan THL di lingkungan Pemerintah Daerah Bolmong Selatan agar menaati setiap aturan yang telah ditetapkan oleh Lembaga penyelenggara Pemilu (UU no. 1 thn 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota) maupun netralitas ASN yang termuat dalm UU no. 5 thn 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Baca Juga:  Gerakan Pemuda Ansor Kawal Perayaan Natal di Gereja GMIBM Kotamobagu


“Disampaikan kepada ASN, Sangadi dan THL di Bolsel agar taat pada aturan yang telah ditetapkan oleh lembaga penyelanggara pemilu” imbaunya.


Selain itu, Kamaru melalui jubir Pemda juga menegaskan bahwa tidak akan ada toleransi atas keterlibatan seluruh komponen Pegawai Pemerintah (ASN, Sangadi, THL) dalam keseluruhan tahapan pelaksanaan Pemilukada yang akan ditetapkan oleh KPU.


“Sanksi tegas menanti setiap bentuk pelanggaran Pemilu. Itu cukup menjadi warning agar tidak ada yang terlibat,” ungkapnya


Bupati juga menghimbau kepada seluruh ASN, Sangadi dan THL agar dalam Pilkada ini, untuk tetap mempertahankan profesionalisme, akseptabilitas dan integritas birokrat serta mengutamakan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. (Boby)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
987 votes

This will close in 10 seconds