Wali Kota Tomohon Bicara tentang Pentingnya Aplikasi SIPD

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE, Ak, CA, membuka Rapat Koordinasi Sistim Informasi Pembangunan Daerah (e-Database) Kota Tomohon Tahun 2019, yang diadakan secara Virtual/Zoom Meetings, Selasa (15/9) dari kediaman Wali Kota.

Tampil sebagai narasumber Direktorat Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Harry Irawan dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc.

Kegiatan yang dihadiri ]Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu ini dikuti peserta Tim kerja pengelola SIPD (E-database) Kasubag perencanaan se-Kota Tomohon dan para staf/operator aplikasi SIPD.

Kegiatan bermaksud menyediakan data/informasi pemerintahan daerah meliputi informasi pembangunan daerah yang dikelola dalam suatu Sistem Informasi (SIPD) berdasarkan Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, dengan agenda utama Koordinasi pengumpulan dan pengisian elemen data dan informasi pembangunan daerah oleh masing-masing perangkat daerah yang berperan sebagai produsen data yang elemen datanya telah ditentukan oleh Kemendagri yang telah disesuaikan dengan item data dari perangkat daerah.

Sementara tujuan dari Rakor meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah melalui penguatan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan, mengoptimalkan pengumpulan, pengisian, evaluasi serta pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah melalui sistem informasi pembangunan daerah, meningkatkan keterisian data dan informasi pembangunan daerah.

Baca Juga:  BNI dan PT The Univenus Serahkan Bantuan ke Pemkot Tomohon

Dikatakan Jimmy Eman, di dalam informasi pembangunan daerah terdapat data perencanaan, analisis dan profil, serta informasi perencanaan pembangunan daerah, yang kini semuanya telah dituangkan ke dalam satu aplikasi berbasis web yaitu aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“Informasi pembangunan merupakan wadah untuk mengumpulkan dan mengolah data/informasi pembangunan daerah. Selain itu, juga menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi dan pengelolaan data serta informasi pembangunan daerah antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Dalam pengumpulan dan updating data tersebut, lanjut Wali Kota, membutuhkan beberapa tahapan pelaksanaan sampai kepada tahapan penginputan data ke dalam aplikasi.

“Sehubungan dengan hal tersebut, rapat koordinasi ini merupakan pertemuan yang memiliki arti penting dan strategis mengingat pentingnya akan keterisian data dan kualitas elemen data bagi peningkatan kinerja pembangunan daerah dan ketersediaan data dan informasi yang cepat, lengkap, akurat serta dapat dipertanggungjawabkan sebagai acuan dalam perumusan strategi, kebijakan dan program pembangunan,: tandasnya.

Katanya lagi, permasalahan yang sering dihadapi saat ini yaitu keberadaan data dan informasi masih tersebar di perangkat daerah tidak dilakukan pembaharuan (updating) terhadap data dan informasi yang dimaksud.

Baca Juga:  Bupati ROR Ucapkan Terima Kasih kepada Christ Pusung

“Aplikasi ini diperuntukkan bagi seluruh Pemerintah Daerah ProVinsi hingga Kabupaten/Kota seluruh Indonesia khususnya Pemerintah Kota Tomohon untuk mengumpulkan dan mengolah data pembangunan daerah yang selama ini masih tersebar di perangkat daerah dan sebagai salah satu sarana untuk memperkuat koordinasi antara Bapelitbangda dengan perangkat daerah yang berperan sebagai produsen data,” urai Wali Kota.

Mengingat pentingnya data dan informasi yang dikelola oleh aplikasi SIPD sesuai amanat Permendagri 70 tahun 2019, imbuhnya, perlu dilaksanakan koordinasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (E-database) Perangkat Daerah se-Kota Tomohon.

“Kegiatan ini merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk melihat tingkat keterisian data dan pemanfaatan data sesuai Permendagri 70 tahun 2019. Data yang dipetakan, dikumpulkan dan diisi oleh perangkat daerah selaku produsen data harus memenuhi standar data dan memiliki metadata jsesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait satu data Indonesia (Pasal 8 Permendagri 70 tahun 2019),” tutupnya.

Yunita Rotikan

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1363 votes

This will close in 10 seconds