Jangan Lupa Gunakan Hikmat ketika Memilih Pemimpin! Ini Khotbah Devrialdo Paat

Tombulu, Manadonews.co.id – Kitab Amsal termasuk salah-satu kitab dalam perjanjian lama yang menceritakan pengalaman orang yang taat beribadah kepada Tuhan.

Kitab Amsal sebagian besar ditulis raja Salomo yang penuh kebijaksanaan. Beberapa bagian kitab ditulis orang-orang berkhidmat lainnya.

Demikian khotbah Devrialdo Paat, mahasiswa teologia Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, ketika memimpin ibadah Minggu (20/9/2020), di jemaat GMIM Alfa Omega Rumengkor.

Pembacaan Alkitab, Amsal 8: 14-21, dengan judul “Wejangan hikmat”.

“Diperlukan sikap takut akan Tuhan. Ajaran dalam hubungan sesama manusia, rumah tangga dan dalam setiap kehidupan manusia,” jelas Devrialdo Paat.

Hikmat diagungkan. Secara khusus pada pembacaan ini memberi kesaksian tentang hikmat.

“Hikmat dapat memberi nasihat dan jaminan kepada orang-orang percaya dan hidup kudus dalam Tuhan,” tandas Devrialdo.

Manusia harus tekun mencari hikmat untuk mendapatkan damai sejahtera dalam kehidupan.

“Mengandalkan hikmat, maka kita akan mengalami kehidupan yang dikaruniai kekayaan, kelimpahan, kesejahteraan dan keadilan,” ujar Devrialdo.

Orang yang punya hikmat akan mendapatkan kehidupan kekal di surga. Hikmat Tuhan membentuk profesionalisme kerja. Wujudkan kinerja sesuai keahlian masing-masing.

Baca Juga:  Sambut Natal boleh Makan Brenebon Asal jangan Ba-bon

“Raja Salomo telah buktikan secara profesional melaksanakan tugas pelayanan dari Tuhan sebagai seorang raja. Salomo memperlihatkan kebijaksanaannya untuk keuntungan semua orang bukan kepentingan pribadi,” terang Devrialdo.

Orang percaya dituntut melaksanakan pekerjaan secara totalitas. Sebagai petani, mengusahakan lahan pertanian untuk mengolah dan jadi sumber berkat.

Bekerja jujur dan menghindari kecurangan. Sebagai pegawai pemerintahan dituntut bekerja sesuai kode etik dan berintegritas.

“Sebagai pemuda dan remaja gunakan kesempatan belajar, gali potensi dan tingkatkan keterampilan. Sebagai ibu rumah tangga dibutuhkan ketelatenan mengurus rumah,” jelas Devrialdo Paat.

Sebagai orang percaya paling utama adalah hikmat Tuhan untuk bekerja secara profesional menghasilkan kerja yang berkualitas dan bernilai.

“Banyak orang profesional namun jatuh dalam pelanggaran karena tidak memiliki hikmat. Minta hikmat Tuhan dengan cara berdoa agar terhindar dari pelanggaran,” tukas Devrialdo.

Jelang Pilkada, jemaat diingatkan minta hikmat Tuhan agar mampu memilih pemimpin yang berkhidmat, bukan memilih karena uang.

“Doakan terus agar seluruh pemimpin dapat memimpin menggunakan hikmat Tuhan. Dengan khidmat maka umat Tuhan dapat mengelola setiap berkat secara bijaksana,” pungkas Devrialdo Paat.

Baca Juga:  Wawali Manado: Kita Jangan Mudah Diadu Domba!

Ibadah tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebelum masuk gereja jemaat wajib cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, uji suhu tubuh dan duduk jaga jarak. Pun, selesai ibadah kembali cuci tangan.

Turut hadir, Ketua BPMJ Pdt. Welly Pudihang, S.Th, Pdt. Veronica Sendow, S.Teol, Pdt. Hana Ireine Tamunu, S.Th, Guru Agama Fenny Mamuaja S.PAK, orientator Eunike Sumenge, S.Th, Wakil Ketua BPMJ Pnt. Yopy Warbung, Sekretaris Pnt. Drs. Dolvie Palit, Bendahara Sym. Dra. Meiske Pangemanan, Pelsus dan jemaat Kolom 1 hingga 14.

(YerryPalohoon)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3573 votes

This will close in 10 seconds