Ditetapkan Sebagai Cabup dan Cawabup, Joune Ganda dan Kevin William Lotulung Siap Jadi Harapan Baru Minahasa Utara

MINUT, MANADONEWS.co.id- Perjalanan tahapan Pilkada Kabupaten Minahasa Utara terus bergulir sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU.Setelah sebelumnya pendaftaran bakal calon, KPU menggelar tahapan paling ditunggu oleh para pasangan calon, tim pemenangan dan masyarakat luas yakni penetapan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Rabu (23/9/2020) di kantor KPU Minut.

Seperti tahapan jelang Pilkada lainnya, pasangan yang di usung oleh PDI Perjuangan bersama 7 partai pengusung lainnya Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) datang paling awal atau sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh KPU dalam undangan.

Dengan mengenakan stelan kemeja warna putih dan didampingi istri yakni Rizya Ganda Davega dan Kristi Lotulung Arina dan koordinator politik Denny Lolong dan LO Jemmy Karongkong tiba di kantor KPU Minut di Airmadidi pada pukul 11.00 wita.

Dan seperti tahapan sebelumnya selain tepat waktu, paslon JG-KWL sangat mematuhi protokol covid-19. Dimana sebelum memasuki ruangan pleno penetapan, JG-KWL lebih dulu mengisi daftar hadir.

Tak lama kemudiaan, saat di dalam ruangan Komisioner KPU yang hadir lengkap diantaranya Ketua Stella Runtu, Anggota Hendra Lumanauw, Darul Halim, Dikson Lahope dan Robby Manopo langsung membuka rapat pleno yang juga dihadiri bapaslon lainnya, yakni Shintia Rumumpe-Netty Pantow dan Sompie Singal-Joppi Lengkong.

Usai membacakan penetapan calon yang dipimpin Ketua KPU Stella Runtu kemudian langsung dilanjutkan dengan penyerahan berita acara dimana pasangan calon JG-KWL resmi ditetapkan sebagai calon dan sah menjadi peserta Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Penyerahan berita acara diserahkan oleh Ketua KPU Stella Runtu dan diterima calon bupati Joune Ganda.

Kedua pasangan ini diketahui diusung dan didukung sebanyak 6 parpol yang memiliki kursi di DPRD Minut diantaranya PDIP, Demokrat, Gerindra, PKPI, Perindo dan PBB yang berjumlah 18 kursi. Serta dua partai pendukung PPP dan PSI yang tidak memiliki kursi di DPRD. Secara otomatis JG-KWL diusung lebih dari 60 persen jumlah kursi di parlemen. Dengan raihan suara di pemilihan legislatif (Pileg) yakni 80ribu lebih suara.

“Ini merupakan kebahagiaan kami berdua setelah melalui proses administrasi, verifikasi, pemeriksaan kesehatan yang sudah kami lalui dengan baik sehingga kami ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati Minut yang memenuhi persyaratan dan siap untuk mengikuti Pilkada nanti,” kata Joune Ganda, saat memberikan keterangan pers di JG-KWL Center.

Baca Juga:  Denni Sompie Optimis PKPI Akan Lolos Pemilu 2019

Ditetapkan Jadi Cabup dan Cawabup, Joune-Kevin Gelar Ibadah Syukur

Sesaat setelah di tetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Joune Ganda SE dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) langsung menggelar ibadah syukur, Rabu (23/9/2020) di JG Centre Manado.

Kepada media ini, Calon Bupati Joune Ganda mengatakan dengan telah ditetapkan pasangan resmi untuk bertarung di Pilkada Minut 2020, itu semua berkat kerja keras para tim pemenangan, partai politik pengusung bersama PDI Perjuangan Kabupaten Minut.

” Perjalanan panjang hingga pada titik ini, itu bukan karena kekuatan kami berdua tapi kerja keras bersama atas perkenan Tuhan”tandas Joune Ganda yang diaminkan oleh wakil Bupati Kevin William Lotulung.

Dia menambahkan penetapan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati pada hari ini, merupakan langkah awal untuk perjuangan utama menuju panggung pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

“Dengan penetapan hari ini, maka saya mengajak semua pendukung dan simpatisan dan semua pihak terkait termasuk partai politik untuk semakin mengeratkan kebersamaan dan semangat juang tinggi.”tandas Joune sambil meminta agar seluruh masyarakat Kabupaten Minut dalam menghadapi Pilkada untuk tetap mengedepankan penjabaran anjuran pemerintah soal protokol Kesehatan Covid-19.

Sementar itu, ketua DPC PDI Perjuangan Minut Denny Lolong dalam kesempatan itu menuturkan bahwa perjuangan Joune Ganda memulai perjuangannya sebagai Bupati pada tanggal 1 Juni 2018 silam.

Ajak Parpol Pengusung Makin Solid, Mohon Dukungan Masyarakat Minut

Dengan kekuatan 6 partai yang memiliki 18 kursi di Dekab Minut masing-masing PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Gerindra, Perindo, PKPI, PBB, serta dua parpol yang tidak kursi yakni PPP dan PSI, Cabup Joune Ganda sangat optimis akan meraih suara sebanyak 60 persen jumlah pemilih pada tanggal 9 Desember 2020.mendatang.

“Saya mengapresiasi kerja bersama seluruh tim pemenangan dan semua pihak yang mendukung perjuangan JG-KWL”,ujarnya.

Joune menuturkan, dengan telah ditetapkan sebagai calon, itu berarti perjuangan makin nyata dan berat serta membutuhkan kerja keras lagi seluruh unsur dalam gerbong dan rumah besar Joune-Kevin.

“Hari ini saya bersama Kevin sesuai aturan telah resmi menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati, itu berarti dituntut satu kerja tim yang lebih solid dan terpola dengan baik.”kata Wakil ketua bidang ekonomi DPD PDI Perjuangan itu.

Baca Juga:  Upacara HUT ke-56 Sulut Berlangsung Sukses

Kedatangan Joune-Kevin ke KPU untuk menerima penetapan itu adalah pasangan calon yang pertama datang dengan mengenakan stelan kemeja putih yang didampingi oleh istri masing-masing, LO dan anggota tim pemenangan serta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Ingatkan Tim Pemenangan Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Jangan Langgar Aturan Main

Kepada wartawan saat itu, Joune kembali mengingatkan kepada tim penangan dan para pendukungnya untuk terus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan agar penyebaran COVID-19 bisa diputuskan.

“Pilkada adalah hak konstitusi kita, tapi di massa Pandemi Covid-19, ada kewajiban kita untuk patuh dan komitmen menjalankan anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.”kata Joune

Untuk itu ujar Joune, akan terus mengimbau agar seluruh masyarakat terutama pendukung Joune-Kevin, untuk taat mengikuti protokol kesehatan, yakni dengan selalu disiplin memakai masker, mencuci tangan dan tetap menggunakan hand sanitizer serta harus selalu menjaga jarak saat berada di keramaian.

Sejak dari awal mengikuti tahapan pilkada ditengah Pandemi Covid-19, dua hal yang ditunjukkan oleh calon Bupati dan Wakil Bupati bersama yakni datang tepat waktu dan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Andalkan Mesi Partai Koalisi dan Dukungan Rakyat, JG-KWL Patok 60 % Kemenangan.

Berbekal kekuatan 8 mesin partai yang tergabung dalam koalisi yang ada, Joune Ganda sangat optimis bahwa target akan meraih kemenangan gemilang pada Pilbup Minut 2020 di depan mata.

“Dengan tetap andalkan kuasa Tuhan, dukungan warga dan partai yang berkoalisi kemenangan mutlak sudah ditangan kami”katanya.

Dia menguraikan bahwa bersama partai pengusng PDI Perjuangan dan mendapat dukungan dari Partai Demokrat, Gerindra, PKPI, PBB, PPP, PSI dan Perindo ini, setelah penetapan ini langsung menjalankan konsep strategi yang telah di susun sebelumnya.

Lebih jauh Wakil Ketua bidang ekonomi DPD Perjuangan Sulut itu menambahkan, secara hitung-hitungan JG-KWL dengan kekuatan delapan partai ini ada enam yang memilik kursi di DPRD yaitu 60 persen atau 18 kursi yang ada di DPRD dan dua partai yang tidak memiliki kursi tetapi mempunyai pemilih yang jumlahnya itu delapan puluh tujuh ribu pemilih sehingga itu menjadi kekuatan yang besar bagi kami dan strategi yang kami lakukan yakni akan menggerakkan mesin partai kami untuk merebut kemenangan pada 9 Desember nanti,” ujar Joune Ganda.

Baca Juga:  Pesta Miras, Pemuda dan Pemudi Diamankan Polsek Kauditan

Lanjut dikatakan Joune Ganda, bahwa pasangan Joune-Kevin selalu membangun komunikasi dengan semua lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

“Kami berdua juga sering bertemu dengan semua lapisan masyarakat dan saya rasa hampir semua daerah yang berada di kabupaten Minut ini sudah kami kunjungi hanya kan kita ada 125 desa dan 6 kelurahan. Sudah kurang lebih kami mengunjungi hampir 70 persen wilayah di sini,” tutup Joune Ganda.

Selain hal tersebut, Joune Ganda juga meminta ketika nantinya akan mengikuti proses tahapan kampanye, masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi sesuai dengan PKPU 10 tahun 2020 yang nanti akan menyusul dengan perubahannya, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang di kabupaten Minahasa Utara terlebih masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya nanti, para relawan, simpatisan pendukung-pendukung partai yang bersimpati dan mendukung kami JG-KWL kami berharap untuk mengikuti protokol kesehatan dan jangan lupa memakai masker di setiap tempat agar supaya kita bisa terhindar dari wabah yang sedang kita hadapi saat ini,” kata Joune Ganda.

Joune Ganda menambahkan, untuk situasi yang terjadi saati ini sesuai dengan peraturan pemerintah dilarang mengumpulkan masa.

“Untuk itu kami tidak akan ada kampanye terbuka yang seratus orang itu sudah dihapuskan, kami hanya melakukan kampanye di dalam ruangan yang memperbolehkan hanya lima puluh orang dengan metode daring dan kita akan optimalkan insfratruktur untuk bisa melayani masyarakat dengan sistem daring. Kita juga akan melakukan kunjungan-kunjungan dibeberapa tempat tetapi tetap menggunakan protokol kesehatan,” ujar Joune Ganda.

Sementara untu dana Kampanye kata Joune Ganda, KPU telah menetapkan membuka rekening khusus untuk dan dana ini akan bergerak berdasarkan orang yang menyumbang.

“Sesuai regulasi yang berlaku maksimum untuk individu 75 juta rupiah kalau perusahaan 750 juta rupiah sumbangannya, dimana dana tersebut akan digunakan sebaik mungkin dan akan pertanggung jawabkan dalam laporan pada saat pilkada berakhir.”kata Joune Ganda(nando/Adve)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3600 votes

This will close in 10 seconds