Sangadi Dampingi KUBE di Ambang Satu

BOLMONG,MANADONEWS.CO.ID,-Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh, dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga.

Usaha Ekonomi Produktif (UEP) adalah bantuan sosial yang diberikan kepada kelompok usaha bersama untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga.

Kepala Desa Ambang Satu Netty Nikolin melakukan pendampingan terhadap kelompok usaha bersama yang ada di desa ambang satu.

Menurutnya KUBE adalah Kelompok Usaha Bersama yaitu salah satu program pemerintah yang ada pada Kementerian Sosial RI khususnya di Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan yang bertujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha melalui program Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial (BLPS) untuk mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

“KUBE bertujuan untuk mewujudkan peningkatan kemampuan berusaha para anggota KUBE secara bersama dalam kelompok, peningkatan pendapatan, pengembangan usaha dan peningkatan kepedulian dan kesetiakawanan sosial diantara para anggota KUBE dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Selanjutnya Netty mengatakan pada hakekatnya KUBE dibentuk dari, oleh dan untuk anggota kelompok. Pengurus KUBE dipilih dari anggota kelompok yang mau dan mampu mendukung pengembangan KUBE, memiliki kualitas seperti kesediaan mengabdi, rasa keterpanggilan, mampu mengorganisasikan dan mengkoordinasikan kegiatan anggotanya, mempunyai keuletan, pengetahuan dan pengalaman yang cukup serta yang penting adalah merupakan hasil pilihan dari anggotanya.

Baca Juga:  Tatong Bacakan Penyampaian Berbagai Program Pembangunan Kotamobagu Tahun 2019

KUBE terdiri atas 10 orang (KK) fakir miskin yang telah terpilih melalui seleksi sebagai Keluarga Binaan Sosial (KBS), adanya kemauan anggota KUBE untuk bekerja secara kelompok dan adanya kesamaan minat dari anggota untuk melaksanakan suatu jenis usaha ( UEP / UKS ) melalui kegiatan kelompok.

“Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dibentuk berdasarkan musyawarah bersama antar anggota ( hasil seleksi ) KBS Program Pemberdayaan Fakir Miskin. Penentuan jenis kegiatan usaha kelompok dilaksanakan oleh anggota kelompok sesuai dengan potensi alam yang ada,” ungkapnya.

Terhadap kelompok yang telah terbentuk diberikan latihan ketrampilan sesuai dengan jenis usaha yang akan dilaksanakan. Pemberian bantuan sarana dan prasarana.

“Saya berharap dengan adanya KUBE ini dapat mengembangkan potensi masyarakat dalam melakukan usaha bersama,” tutur Sangadi.

Dalam kesempatan itu pula masyarakat ambang satu memberikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Bolmong.

“Terimakasih kepada ibu bupati, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan berupa mesin paras dan mesin skal. Kami akan selalu menjaga protokol kesehatan untuk melawan covid, karena kami yakin Orang Desa pasti Sehat Kuat lawan Covid 19,” tutup seorang warga.

Baca Juga:  Kesbangpol Bolmong Harap Sangadi Pantau Orang Tak Dikenal

(Ilham/David)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3726 votes

This will close in 10 seconds