Example floating
Example floating
Berita TerbaruPemerintahanSulawesi Utara

Birokrat dengan Segudang Prestasi dan Pernah ‘Meresahkan’ Pemilik Perusahaan Ini Dipercayakan sebagai Pjs Bupati Boltim

4
×

Birokrat dengan Segudang Prestasi dan Pernah ‘Meresahkan’ Pemilik Perusahaan Ini Dipercayakan sebagai Pjs Bupati Boltim

Sebarkan artikel ini

Manado – Pjs. Gubernur Sulut, Agus Fatoni, melantik 5 Pjs. Bupati dan Walikota di daerah yang akan menggelar Pilkada di Ruang CJ. Rantung Kantor Gubernur, Sabtu (26/9/2020) sore.

Salah-satu di antaranya adalah Christiano Talumepa, SH, MSi, yang dipercayakan sebagai Pjs. Bupati Bolmong Timur.

Example 300x600

Christiano Talumepa lebih dikenal dengan sebutan Christal, suami tercinta dr. Franciska Kaihatu Sp.A (dokter Spesialis Anak).

Chistal merupakan sosok birokrat muda yang ‘Bening Bersih Bersinar’. Sebagai seorang birokrat, ia punya segudang pengalaman di pemerintahan.

Christal pernah menjabat Kepala Biro Hukum termuda di Indonesia, yang mampu menyelesaikan banyak permasalahan hukum saat itu, termasuk menyelamatkan aset-aset pemerintah daerah yang menjadi objek gugatan, dan juga melakukan pengkajian penyusunan produk hukum daerah serta mengevaluasi produk hukum kabupaten kota sebelum ditetapkan dan diberlakukan sebagai regulasi daerah.

Christal juga pernah dipercayakan sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sempat ‘meresahkan’ pemilik perusahaan baik swasta maupun BUMN dan BUMD, karena kebijakan-kebijakannya yang mewajibkan setiap perusahaan untuk melakukan perlindungan hak-hak tenaga kerja/karyawan, seperti kewajiban perusahaan melakukan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja dan UMP yang layak, sehingga melahirkan UMP tertinggi di Indonesia timur setelah Papua dan juga Zero Accident alias nol kecelakaan kerja.

Selain itu, ia pernah menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang saat itu mewajibkan setiap usaha/kegiatan perusahaan untuk wajib memiliki Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan membentuk Tim Pengawasan dan Penegakan Hukum Terpadu yang melakukan pemeriksaan terhadap pelaku usaha yang nakal.

Di usia 44 tahun Christal sudah dipercayakan sebagai Asisten 3 Setdaprov ‘termuda’ di Indonesia, serta mampu menyelesaikan masalah temuan BPK yang sudah menjadi konsumsi publik karena disorot semua media saat itu, dan Pemerintah Provinsi Sulut dapat meraih kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Di samping itu, Christal punya pengalaman sebagai Ketua Tim Evaluasi Perda APBD Kabupaten/Kota dan Perda tentang Kelembagaan Kabupaten/Kota.

Christal juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM, dan ditangannya permasalahan 5 ( lima) kepemimpinan Puskud yang sudah berlarut-larut tak terselesaikan oleh 5 kepala dinas sebelumnya, dapat diselesaikan menjadi 1 (satu) kepengurusan.

Gubernur Olly Dondokambey pernah mempercayakan dirinya sebagai Policy Advisor atau penasihat kebijakan Gubernur dalam jabatan Eselon 2A sebagai Staf Ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik,
yang sehari hari mendampingi Gubernur untuk memberikan saran dan pertimbangan agar kebijakan pemerintahan yang diambil tidak berdampak hukum dan politik.

Saat ini, Christal dipercayakan sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulut.

Dalam karir kepangkatan Christiano Talumepa pernah mendapat Kenaikan Pangkat Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya 4D, yang diusulkan oleh Gubernur kepada BKN pusat dan diuji 5 pejabat eselon 1 (Sestama dan para Deputi) yang dipimpin langsung Kepala BKN, pejabat setingkat Menteri.

Karir kepangkatan 4D yang mestinya diraih oleh seorang PNS dalam masa kerja dinas 30 tahun, akan tetapi oleh seorang Christal pangkat golongan tersebut hanya diraih dalam jangka waktu dinas 17 tahun 6 bulan dan rekor kepangkatan seperti ini masih langka di Indonesia.

Terakhir, Christiano Talumepa dipercayakan sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. (***/YerryPalohoon)

Example 300250
Example 120x600