Miliki Aplikasi TelmeK, RSUP Kandou Sediakan Konsultasi Pasien Secara Online

MANADO,Manadonews.co.id-.Aplikasi Telemedicine (TelmeK ) adalah aplikasi yang disediakan untuk pasien yang ingin melakukan konsultasi dokter secara online. Aplikasi ini juga melayani pasien yang ingin melajukan pemeriksaan Laboratorium, yang mana nanti petugas laboratoriun yang akan mendatangi pasien dirumah.

Aplikasi TelmeK ini juga digunakan RSUP Kandou Manado untuk melayani pelayanan Resep/Obat di apotik RS tanpa harus datang ke RS. Caranya nanti dari Apotik/Depo yang akan mengirimkan obat yang diperlukan pasien lewat Kurir. Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr.dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes, di masa pandemi Covid-19 RSUP Kandou Manado tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sulawesi utara yang bermutu.

Serangkaian masuk dalam Era Revolusi Industri 4.0, ada beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh RSUP Kandou Manado untuk lebih efisiensi dan efektifitas.

Sejalan dengan program pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI dimana kita memberikan pelayanan kepada pasien dengan jarak jauh berupa Konsultasi Jarak jauh, juga dengan melayani pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, Dimana petugas Laboratorium bias langsung kerumah pasien untuk pengambilan sampel.

Baca Juga:  Empat Hal Ini Harus Diketahui Jika Praktek Lapangan di RSUP Kandou Manado

Hal ini tujuannya adalah untuk mengurangi kontak dengan pasien tanpa mengesampingkan mutu pelayanan. Telemedicine (TelmeK) diperuntukan bagi pasien umum, namun tidak menutup kemungkinan akan berlaku juga bagi pasien BPJS.

Lanjut Dr. Ivonne, Inovasi yang kedua yang telah dilakukan oleh RSUP Kandou adalah e-pengadaan barang dan jasa, dimana pengadaan barang dan jasa dilakukan secara Elektronik yang bertujuan untuk mempercepat pengadaan barang dan jasa.

Sedangkan untuk inovasi yang ketiga adalah e-rekam medic, dimana aplikasi ini merupakan Indikator Kinerja Terpilih (IKT) dari RSUP Mandou Manado.

“Dengan adanya aplikasi TelmeK ini diharapkan kepada para PPA yang didalamnya ada Dokter, Perawat dan tenaga kesehatan lainnya dapat mencatat rekam medik pasien secara elektronik. Hal yang perlu diketahui juga bahwa RSUP Kandou Manado merupakan rumah sakit rujukan yang ditunjuk oleh Kementerian kesehatan sebagai Rumah sakit rujukan Covid-19,” ujar dr Ivonne Rotty kepada media Rabu (7/10/2020) kepada awak media.

Untuk ruangan yang disediakan untuk perawatan pasien Covid-19 berada dalam gedung tersendiri yang disebut dengan ruang Isolasi, tidak dirawat dengan pasien yang bukan Covid-19.

Baca Juga:  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Isolasi Tekanan Negatif

RSUP Kandou manado juga telah menambah gedung untuk perawatan pasien Covid-19 yakni gedung Irina Nyiur Melambai dan Gedung Irina Anggrek, dan semua posisi gedung ini terpisah dengan ruang perawatan yang bukan pasien Covid-19. Demikian juga untuk gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) terpisah antar pasien Covid-19 dan pasien non Covid.

(Ben)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3193 votes

This will close in 10 seconds