Ketua DKPP Optimis Pelaksanaan Pilkada di Sulut Berjalan Baik

MANADO,Manadonews.co.id- Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara menggelar Media Gathering terkait Sosialisasi Kelembagaan Bawaslu dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2020, Jumat (6/11/2020) di Hotel Lagoon. Menghadirkan  Ketua DKPP RI, Prof. Dr. Muhammad, S.IP, M.Si, dan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda.

Prof Muhammad mengingatkan agar Bawaslu tidak menganggap DKPP sebagai Lembaga pencabut SK. namun tunjukanlah kredibilitas dan kinerja dari Bawaslu baik Provinsi, Kabupaten/Kota semakin baik serta kembangkan kreativitas dan profesional.

 “Wasit harus lebih pintar dari pemain,” tegas Muhammad.
Terkait Pelaksanaa Pilkada di Sulut, Prof. Muhamad mengakui jika pemilihan gubernur tidak akan menguatirkan DKPP, namun ada satu atau dua titik yang Kabupaten/Kota menjadi atensi.

“Meski demikian DKPP optimis pemilihan gubernur di Sulut berjalan baik dan bermartabat. namun kami akan terus memantau,” tutur Muhammad. Muhammad juga mengingatkan agar di tangan Bawaslu dan KPU ada upaya penegakan hukum yang tegas.

“Aturan sudah sepakati tidak boleh dilanggar, tapi jika masih melanggar maka fungsi pencegahan akan dilakukan, untuk memberikan kepastian hukum pada semua masyarakat dan semua unsur penyelenggara pilkada,” tegasnya.

Baca Juga:  OD Berdialog Dengan Warga di Kecamatan Poigar, Emak-Emak: Kami Siap Pilih Pak Olly

Ditambahkannya, Bawaslu dan KPU di tengah pamdemi covid 19, dimana saat ini situasi yang tidak normal maka berbagai hal harus di antisipasi, Karena standar DKPP Standar Protokol di seriusi. Dan di KPU dan Bawasli ada upaya penegakan hukum yang tegas.

 “Jika sudah sepakati tidak boleh melanggar, tapi masih melanggar maka fungsi pencegahan dilakukan, tapi jika tetap melanggar dan melanggar lagi maka tidak lagi dicegah tapi harus ditindak. Ini dilakukan untuk memberikan kepastian hukum pada semua masyarakat dan semua unsur pilkada,” tegas Muhammad .

Sementara itu Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda menuturkan bahwa saat ini Bawaslu sementara melakukan pelatihan-pelatihan dimasa pandemi covid-19.
 
“Kami berharap agar rekan-rekan media bisa memantau jajaran kami  terkait pengawasan di TPS,”pungkas Malonda

(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5546 votes

This will close in 10 seconds