Babak Baru Pencegahan Covid-19 di Sulut, Eksekutif dan Legislatif Mulai Bikin Perda

Manado – Selain penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulut Tahun 2021, rapat paripurna DPRD Sulut, Kamis (12/11/2020) sore, juga mengagendakan penyampaian/penjelasan Ranperda tentang Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Terkait hal itu, Fatoni menyampaikan bahwa diperlukan upaya yang lebih komprehensif dalam membudayakan perilaku protokol kesehatan. Harapannya perilaku ini akan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Sulut di tengah pandemi Covid-19.

Upaya persuasif akan menjadi inti dari intervensi membudayakan perilaku ini. Tetapi aturan hukum yang jelas bagi pelanggar juga harus disiapkan untuk menimbulkan efek jera.

Lebih lanjut, Fatoni menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 terkait Penegakan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

Dalam peraturan ini juga diamanatkan bagi Pemerintah Daerah untuk membuat regulasi sesuai dengan konteks di daerah. Peraturan Gubernur Nomor 20 Tahun 2020 terkait Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan ini juga telah diterbitkan, tetapi keberadaan Peraturan Daerah dipandang perlu untuk lebih memperkuat penegakan hukum ini, karena sanksi yang diberikan bagi pelanggar lebih dapat membuat efek jera.

Baca Juga:  Ini Tujuan Pencanangan Bulan Disiplin Pemprov Sulut

“Pentingnya penetapan Ranperda ini kemudian membawa kami pada harapan, bahwa DPRD Provinsi Sulawesi Utara dapat turut membahas dan menyempurnakan lewat kajian-kajian komprehensif. Sehingga pada waktunya nanti dapat disepakati bersama, bahkan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, yang dapat memantapkan kinerja kita dalam upaya pencegahan dan pengendalian pandemi Covid-19 di Sulut,” tutupnya.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Silangen, didampingi wakil ketua Victor Mailangkay, James Kojongian dan Billy Lombok, Forkopimda dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (***/JerryPalohoon)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5965 votes

This will close in 10 seconds