Bunda Fenny Buka Webinar Kelas Orang Tua Berbagi

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny ch. M. Roring – Lumanauw, SIP selaku Bunda PAUD Minahasa membuka webinar kelas orang tua berbagi episode 5 dengan tema : pengelolaan emosi orang tua saat mendampingi anak belajar dari rumah, yang diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas Sulut, Jumat (13/11) via zoom di Rumah Dinas Bupati Minahasa.

Dalam sambutannya Bunda Fenny menyampaikan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkat dan perkenanan-nya, sehingga kita boleh dipertemukan pada kesempatan ini. walaupun hanya dilakukan secara virtual melalui media zoom online meeting ini.

“Proses embelajaran pada situasi darurat covid-19 ini mengubah mekanisme pembelajaran. tatap muka yang menjadi mainstream proses pembelajaran, sekarang harus mengalami penyesuaian. Sekolah dan guru dituntut untuk dapat mengembangkan ragam pembelajaran daring bagi peserta didik,” tuturnya.

Ppeserta didik menjalani kehidupan belajar yang sebelumnya secara tatap muka di gedung sekolah, berubah menjadi proses pembelajaran jarak jauh.

“Tentunya dengan menyesuaikan pada konten pelajaran yang disepakati dengan pihak sekolah,” tukasnya.

Baca Juga:  First Lady Sebut Senam Sehat Minahasa Rutin Tiap Jumat

Pembelajaran dari rumah ini, katanya, menuntut peran aktif dari orang tua dalam proses pembimbingan dan pendampingan belajar.

“Nah, sebelum situasi ini berkembang, rata – rata orang tua peserta didik kesulitan dalam membagi fokus mereka. Di situasi saat ini, orang tua memposisikan kembali dirinya sebagai guru pertama bagi anak-anaknya. tentunya yang berhubungan dengan pembelajaran sesuai dengan konten yang dikembangkan. situasi yang didesain melalui pembelajaran daring,” ujarnya.

Orang tua sebaiknya paham apa yang harus dilakukan oleh anaknya. tidak mudah memang, karena tidak setiap orang tua, paham mengenai proses pembelajaran daring ini.

Lanjutnya, bukan hanya anak-anak yang perlu melakukan adaptasi terhadap kebiasaan baru yang dijalankan oleh satuan pendidikan, tetapi kedua orang tua juga perlu membiasakan diri dan membimbing anak agar hasil pembelajaran tetap menunjukkan hasil yang optimal.

“Pengelolaan emosi orang tua dalam mendidik anak sangat diperlukan, terlebih dalam situasi belajar dari rumah, seperti yang saat ini di alami oleh kita semua. karena terkadang, ada orang tua yang mengalami tekanan maupun stress dalam mendidik dan membimbing anak dalam belajar dari rumah, apalagi di tambah dengan orang tua yang disibukkan dengan pekerjaan. karena itu pengelolaan emosi sangat penting dikelola oleh orang tua dalam melakukan proses pendampingan anak belajar, agar semangat anak tetap optimal dan anak pun tidak menjadi bosan terlebih tertekan saat ia menjalankan pendidikan di masa pandemi seperti saat ini,” urainya.

Baca Juga:  Paskibraka Sangihe Dikukuhkan Bupati Hironimus Rompas Makagansa

Melalui webinar kelas orang tua berbagi episode ke-5 ini yang mengangkat tema mengenai pengelolaan emosi orang tua saat mendampingi anak usia dini belajar dari rumah, dimana menghadirkan narasumber ahli yang betul-betul memahami dan merupakan pakar psikologi, maka kami harapkan bisa turut memberi solusi kepada bapak ibu, sekaligus sebagai media sharing praktik baik pembelajaran dari rumah yang tentunya memerlukan peran aktif dari orang tua. kiranya apa yang menjadi cita-cita kita bersama dalam mendukung optimalisasi proses belajar dari rumah bagi anak anak kita khususnya di satuan paud, bisa terlaksana sambil tetap kita berharap agar situasi bangsa dan negara kita, serta dunia pendidikan pada khususnya dapat berangsur pulih, dan senantiasa kita dukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di indonesia salah satunya melalui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh serta terus giat melaksanakan 3 m : memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. turu hadir ibu hanna monareh, m.psi yang merupakan ketua ikatan psikolog klinis indonesia wilayah sulawesi utara, para narasumber orangtua, ibu yovita sualang, s.kep, ners, m.kes serta bpk. pdt. altobely l sumlang, s.th, para panitia baik webinar kelas orang tua berbagi.

Baca Juga:  10 Desa Lingkar Tambang Dapat Program Pamsimas

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5963 votes

This will close in 10 seconds