5.809 PTPS Siap Bertugas Awasi Pilkada Sulut

MANADO,Manadonews.co.id-Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, sebanyak 5.809 Pengawas TPS (PTPS) se Sulawesi Utara dilantik secara serentak oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di 15 Kabupaten/Kota, Senin (16/11/2020). Nantinya mereka yang akan mengawasi jalannya pemungutan dan perhitungan suara di TPS .

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda berharap  agar seluruh PTPS dapat menjalankan tugas secara profesional dan maksimal, bersikap adil dan berintegritas. Apalagi PTPS merupakan ujung tombak pengawasan di 9 Desember nanti.

“Beberapa belum dilantik karna kendala tidak ada pendaftar. Nantinya akan dilihat apakah membuka pendaftaran lagi atau diisi perserta dari kecamatan lain yang tidak lolos. Bisa juga akan diisi Pengawas Kelurahan dan Desa atau staf Panwascam setempat guna mengisi kekosongan,” kata Malonda.

Lanjut Malonda ada tiga tugas utama PTPS yakni mengawasi distribusi logistik, penyelenggaraan tahapan pemilu di wilayah TPS tempatnya bertugas serta proses pemungutan dan perhitungan suara.

“Dan sebelum menjalankan tugas, PTPS akan menjalani pembekalan dalam bimbingan teknis. Bahkan akan ada pula pelaksanaan Rapid Tes,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sahaya : Penetapan Libur Lebaran Tetap Menunggu Surat Edaran Walikota Kotamobagu

(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5949 votes

This will close in 10 seconds