Tim Jantung RSUP Kandou dan FK Unsrat Sukses Lakukan BAS

  • Whatsapp

MANADO, Manadonews.co.id-.Tim Jantung anak RSUP Kandou dan  Fakultas Kedokteran Unsrat Manado sukses lakukan tindakan intervensi Balloon Atrial Septostomy ( BAS ) untuk life saving pasien dengan diagnosis Transpositian of the Great Arteries( TGA ), Selasa (17/11/2020).

Ketua Tim dokter yang dipimpin oleh Dr.dr.David Kaunang, Sp.A(K) bersama tim dokter lainnya yang terdiri dari dr. David Waworuntu, Sp.A(K) dr. Monic Rotty, Sp.JP bersama juga dokter Anestesi dr. Hendrik Abram, Sp.An serta perawat bagian jantung dan juga bagian Anak RSUP Kandou Manado. Dr.David mengatakan tindakan ini merupakan tindakan penyelamatan bagi bayi yang memiliki kelainan jantung yang tipe biru.

Bacaan Lainnya

“Tindakan ini akan dilakukan secara rutin apabila ada kasus kasus di bagian jantung anak yang memerlukan tindakan intervensi apakah itu penyelamatan jiwa dari pasien anak supaya sewaktu waktu tidak terjadi kegawatan atau adanya jantung bocor,” ujarnya.

Baca Juga:  Kadis PERKIM Dinilai Kudet, Masalah Rumah Nelayan di Desa Ayong Mulai Memanas

 Lanjutnya Hal ini akan diterapkan sedapat mungkin untuk dilakukan dimanado dengan tim jantung anak yang ada di bagian CVBC RSUP Kandou, tanpa harus keluar daerah lagi. dan setiap minggu minimal akan dilakukan tindakan kepada satu pasien apabila ada kasus.dan hal ini didukung sepenuhnya oleh manajemen rumah sakit guna untuk peningkatan pelayanan yang ada di RSUP Kandou Manado.

Tindakan yang dilakukan kepada pasien anak, dengan durasi satu jam 30 menit dan itu juga tergantung dari usia pasien pungkas ketua Tim yang sekaligus juga sebagai Ketua Komite Medik RSUP Kandou Manado.

Operasi ini merupakan pertama kali dilakukan secara mandiri oleh Tim dokter Jantung Anak RSUP Kandou Manado dibawah pimpinan Dr.dr.David Kaunang, Sp.A(K)

“Terima kasih buat semua pihak yang telah mensuport sehingga operasi ini boleh berjalan dengan baik, “ujar Dr.dr.David Kaunang, Sp.A(K).

(Ben)

Pos terkait