Ferry Liando Buka Rahasia Modus Politik Uang Timses Paslon Jelang Pilkada

Manado – Dr. Ferry Daud Liando dari Konsorsium Pendidikan Tata Kelola Pemilu, memberi apresiasi kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang memantau pergerakan dugaan politik uang pada masa tenang jelang Pilkada 9 Desember 2020.

Meski demikian menurut Ferry Liando, pengawasan ketat Bawaslu tidak menghilangkan kretifitas sebagian tim pasangan calon untuk mencari cara aman penyaluran uang agar terhindar dari jeratan hukum.

“Sebagian tim sukses diduga akan melakukan politik uang pasca pencoblosan,” jelas Ferry Liando kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Minggu (6/12/2020).

Modus yang dilakukan, lanjut Liando,  tim sukses telah membentuk tim yang tinggal di seputaran TPS. Tim itu masing-masing diwajibkan untuk mencari masyarakat sebanyak mungkin agar memilih calon tertentu.

“Jika target suara yang disepakati antara tim sukses dengan tim yang dibentuk terpenuhi maka transaksi akan diakukan. Modus ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari jeratan hukum,” pungkas Ferry Liando yang juga akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) ini.

(JerryPalohoon)

Baca Juga:  Olly Dondokambey Lepas Perdana Hasil Perikanan Sulut Langsung ke Jepang