Hadiri Pelantikan Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon, Jimmy Eman Yakin Runtuwene Punya Kemampuan

TOMOHON, MANADONEWS – bertempat di ruang sidang kantor DPRD Kota Tomohon, jumat (8/1), Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, SE, Ak, CA menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Kota Tomohon sisa masa jabatan 2019-2024, atas nama Drs  Johny Runtuwene, DEA.

Rapat paripurna dipimpin oleh ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE itu turut hadir Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Erens Kereh, Forkopimda Kota Tomohon, Ketua Komisi I DPRD Sulut Dra. Vonny J. Paat, Ketua KPU Kota Tomohon Drs. Haryanto Lasut, MAP, Ketua Bawaslu Tomohon Deysi Soputan, M.Hum, Wali Kota Tomohon terpilih Caroll J.A. Senduk, SH, jajaran pemerintah Kota Tomohon beserta tamu dan undangan.

Pengucapan sumpah/janji oleh ketua PN Tondano ST. Iko Sudjatmiko, SH, MH, dan pengukuhan oleh rohaniawan pdt. Senduk G.A. Roeroe, MTh.

Dalam sambutannya Wali Kota Jimmy Eman mengungkapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dewasa ini existensi dan kinerja DPRD mutlak diperkuat dan diperhitungkan mengingat selain merupakan unsur penyelenggaraan pemerintah daerah, DPRD juga sebagai representasi rakyat daerah.

Baca Juga:  Lewati Penilaian Rapor Mutu, 21 Sekolah di Kotamobagu Dinyatakan Memenuhi SNP

“Oleh sebab itu DPRD harus dapat memperlihatkan kinerja dan sinergitas yang optimal. Kami juga menyampaikan harapan, agar pimpinan DPRD Kota Tomohon yang baru dapat memberikan kontribusi serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, beserta seluruh masyarakat Kota Tomohon,” papar Eman.

Ia yakin dengan pengalaman yang dimiliki, pimpinan DPRD akan optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban serta mampu menahkodai anggota DPRD untuk terus menampilkan kinerja yang baik, yang mampu mendukung gerak langkah pembangunan di kota sejuk tomohon.

“Maka melalui momentum pelantikan ini, diharapkan kiranya kemitraan antara pemerintah daerah dan dprd yang telah terjalin sinergis selama ini, akan terus berjalan dalam rangka gerak pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan, terus mengalirkan energi positif dalam kerangka mantapnya pencapaian visi dan misi kota tomohon, serta terjaganya eksistensi tomohon sebagai kota pariwisata dunia yang mengedepankan protokol kesehatan dan pelestarian alam bagi kesejahteraan rakyatnya,” urai Wali Kota.

Wali Kota Jimmy Eman (kanan)

Wali Kota mengharapkan adanya ide dan inovasi yang cemerlang dari pimpinan bersama semua anggota dewan yang terhormat untuk membangun Kota Tomohon yang semakin maju sekaligus dapat mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah yang telah terbina dengan baik selama ini.

Baca Juga:  Gubernur Lobi Rusdy Kirana, Lion Air Segera Buka Penerbangan Langsung Manado ke 8 Kota Besar di Cina

“Ketua dan Wakil Ketua serta anggota DPRD wajib memiliki hubungan yang bersinergi dan harmonis,” tykasnya.

Eman pun menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada Caroll J. A Senduk, SH yang telah terpilih sebagai Wali Kota Tomohon pada pilkada 9 Desember 2020, dan sebelumnya sebagai wakil ketua DPRD kota tomohon.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada saudara Drs. Johny Runtuwene yang telah dipercayakan untuk mengemban tugas sebagai wakil ketua DPRD Kota Tomohon. Saya berkeyakinan bahwa saudara yang telah dipercayakan untuk mengemban amanat rakyat ini, tentunya memiliki kemampuan dan wawasan yang luas serta memiliki pribadi yang bersahaja dan berdedikasi tinggi dimata publik. Kiranya acara ini akan memberikan motivasi dan semangat baru bagi kita semua, untuk semakin meningkatkan prestasi dan karya yang terbaik bagi berprosesnya pembangunan yang sementara berlangsung, meskipun di tengah pandemic,” lanjutnya.

Imbuhnya, mengawali tugas di tahun yang baru sebagai wakil ketua DPRD yang baru, kata Eman, tentunya adaptasi diri merupakan suatu keharusan dalam membina kebersamaan dan keutuhan dalam menjalankan amanat rakyat ini.

Baca Juga:  SMA 3 Manado Juara Brani Cup

“Oleh karena itu, perlu saya ingatkan kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat bahwa tantangan yang sementara dan akan kita hadapi bersama saat ini adalah menyangkut pandemi covid-19 dan kesehatan kita semua. Begipula dengan pelayanan prima kepada masyarakat yang wajib mengedepankan protokol kesehatan,” tandasnya.

Yunita Rotikan