RSUP Kandou Beri Vaksin Covid-19 Bagi Nakes Lansia

MANADO,Manadonews.co.id-Menindaklanjuti program  Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,RSUP Kandou Manado, Senin (08/02) pagi mulai melakukan Vaksinasi Tenaga Kesehatan umur 60 Tahun ke atas (Lansia) tahap pertama.

Menurut Direktur Utama RSUP Prof RD Kandou Dr dr Jimmy Panelewen, SPB-KBD di dampingi Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr.dr Ivonne Rotty M.Kes, Direktur Perencanaan dan Keuangan Dewi Anggraini,SE.MM  mengatakan, Kegiatan Vaksinasi Tenaga Kesehatan usia diatas 60 Tahun  ini merupakan program dari Kementrian Kesehatan RI yang akan di Launching hari ini 8 Februari 2021 pukul 10 Pagi,

Meski demikian  RSUP Kandou melakukan terlebih dahulu dan ini Langka maju bagi RSUP Kandou sebagai pencapaian cakupan dimana tenaga kesehatan itu harus 100 persen melakukan Vaksinasi di bulan februari.

“Untuk hari ini 10 orang di grup pertama sudah di lakukan observasi dan sudah melakukan Penyuntikan dosis pertama, Dan tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi  ujar,” Dirut Panelewen.

Sementara Dr Eko Prasetyo, Nakes lansia pertama yang melakukan Vaksinasi Tenaga Kesehatan usia 60 tahun.

Baca Juga:  Pemalu dan Phobia Sosial, Apa Bedanya?

“Saya selaku Nakes  sangat senang karena bisa melakukan vaksinasi Covid 19 sesuai dengan program Pemerintah,” ujar dr Eko.

Diberikannya vaksin COVID-19 bagi tenaga kesehatan yang berusia lanjut dapat melindungi dan memberikan keamanan bagi seluruh tenaga

kesehatan kita tanpa terkecuali. Kelompok lansia tetap akan menerima vaksinasi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari. Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru.

Vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal. Persyaratan penerimaan vaksin Sinovac juga sudah diperbarui, yang sebelumnya ditujukan rentang usia 18-59 tahun, ditambah untuk usia di atas 60 tahun. Untuk populasi lansia 60 tahun ke atas, vaksin Sinovac akan disuntikkan ke dalam otot (intramuscular) sebanyak 0,5 mL dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

(Ben)