HPN 2021 Dihadiri 36 Dubes dan 12 Wartawan Asing, Presiden Jokowi Apresiasi Peran Pers

Jakarta – Presiden Jokowi menyambut kehadiran Pengurus Dewan Pers, PWI Pusat, hingga pemimpin media dalam rangka perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Puncak peringatan HPN hari ini digelar di dua lokasi berbeda selain di Istana Negara, juga di Candi Bentar Covention Hall Putri Duyung, Ancol Jakarta yang menjadi lokasi pusat perayaan HPN 2021 sejak tanggal 6 -9 Februari 2021.

Mendampingi Presiden Jokowi di Istana, Ketua Dewan Pers, M. Nuh, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari, Ketua Panitia HPN Auri Jaya dan pengurus Pusat PWI.

Kemudian hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD RI Muh. La Nyalla Mattalitti, Menkominfo Jhonny G. Plate, duta besar negara-negara sahabat, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan serta tokoh pers nasional dan insan pers serta tamu undangan lain baik secara langsung maupun virtual.

Selain itu hadi pula sekitar 36 duta besar, 12 wartawan asing dan 8 perwakilan badan-badan dunia di antaranya utusan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Baca Juga:  Agar Harga Kopra Naik, Pemprov Sulut Gandeng Belanda

Para utusan negara sahabat, dan perwakilan badan dunia hadir secara langsung di Istana Negara bersama pengurus PWI Pusat dan Dewan Pers. Sementara kepala daerah peraih Anugerah Kebudayaan HPN 2021, Peraih Adinegoro Award, hadir di Hall Putri Duyung, Ancol.

Penyambutan kepala negara dirasakan sangat membahagiakan sebab presiden mau menyambut kedatangan insan pers di Istana Negara

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas peran pers mulai dari merebaknya wabah covid-19 hingga kini membantu pemerintah menyosialisailan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena telah membantu pemerintah mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan tepat,” kata Jokowi.

Penghargaan diberikan Jokowi kepada insan pers Indonesia, karena pada saat pandemi Covid-19, pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi. Tidak hanya itu, pers telah menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia, dimanapun Bapak dan Ibu berada,” ujar Jokowi.

Baca Juga:  Rangkaian HPN 2021: Kementerian ATR/BPN Gelar Webinar Kebijakan Pertanahan Pasca Undang-Undang Cipta Kerja

Presiden pun mengatakan sebanyak 5.000 awak media atau wartawan akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada akhir Februari hingga awal Maret 2021.

Pemerintah memandang vaksinasi terhadap awak media sangat penting, karena mereka bekerja di garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat serta memberikan informasi yang benar dan tepat.

“Tadi saya sudah bisik-bisik ke Pak M Nuh, untuk awal nanti, akhir Februari sampai awal Maret, nanti untuk awak media sudah disiapkan kira-kira 5.000 orang untuk bisa divaksin,” ujar Jokowi.

Vaksin yang akan diberikan kepada awak media adalah Coronavac dari Sinovac yang saat ini sedang diolah oleh PT Biofarma sebanyak 12 juta bahan baku.

(JerryPalohoon)