Dilantik Gubernur Olly Dondokambey Joune Ganda-Kevin William Lotulung Resmi Jabat Bupati dan Wakil Bupati Minut Periode 2021-2024

  • Whatsapp

MANADO, MANADONEWS.co.id- Duet Joune Ganda dan Kevin William Lotulung akhirnya resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara untuk masa bakti 2021-2024.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw atas nama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik dua kader PDI Perjuangan itu Jumat (26/2/2021) di Gedung Graha Bumi Beringin Manado.

Adapun pelantikan Joune-Kevin bedasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI nomor: 131.71-374/l tahun 2021 tentang perubahan atas keputusan Mendagri nomor: 131.71-294 tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara.

Olly Dondokambey dalam sambutannya itu antara lain menekankan soal membangun kinerja yang baik, loyalitas serta melayani masyarakat dengan baik dan tulus.

“Perlu dingat, bahwa sumpah janji yang anda ucapkan ini disaksikan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan baik-baiknya,” kata Gubernur Olly sambil berharap membangun dan meningkatkan sinergitas dengan pemerintah Provinsi Sulut dan pemerintah pusat.

” Puji Tuhan hari ini langkah awal perjuangan untuk
membangun Kabupaten Minahasa Utara telah direstui oleh Tuhan melalui pelantikan secara langsung oleh Gubernur Sulut dan disaksikan oleh Wakil Gubernur.”ujar Joune Ganda didampingi Kevin William Lotulung usai pelantikan yang berlangsung dengan hikmat itu.

Baca Juga:  Katuuk Terima Kunker Disdukcapil Provinsi Sulut

Kata Joune, setelah dilantik dia bersama Kevin telah siap melaksanakan amanah Undang-undang dan harapan seluruh masyarakat Minut.

Dia menuturkan, kontestasi politik telah dijalani dan dilewati dengan berbagai kesan dan kenangan serta catatan arti sebuah demokrasi, namun ending dari satu proses politik adalah lahirnya pemenangan yang akan menjadi pemimpin sesuai hasil pilihan terbanyak rakyat Minut.

“Sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati, maka kami berdua tidak lagi hanya milik keluarga dan kelompok tertentu, akan tetapi telah menjadi pemimpin dan pengayom rakyat yang akan menjadikan Kabupaten ini menjadi lebih baik, sesuai dengan visi dan misi yang telah kami patrikan dan janjikan.”tandas Joune Ganda sambil mengajak seluruh elemen masyarakat Minut mendukung pemberian dirinya bersama Kevin untuk menjadi pelayan dengan bekerja sama guna membangun Minut lebih baik lagi.

Tindak lanjut atas pelantikkan tersebut, DPRD Kabupaten Minahasa Utara menggelar Rapat Paripurna dengan agenda serah terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024 yang dilaksanakan di Sutanraja hotel.

Baca Juga:  Jelang Pelantikan di Bawah Patung Soekarno, Berbagai Persiapan Terus Dilakukan

Dalam konprensi persnya usai paripurna sertijab itu, kepada wartawan Joune Ganda mengawali kerja sebagai Bupati dan Wakil Bupati, dalam agenda kerja 100 hari, ada sejumlah skala prioritas yang akan dia tuntaskan antara lain soal pembenahan ruang kerja Bupati dan Wakil Bupati dan pejabat eselon II yang sangat memiriskan kondisinya.

“Ruang kerja Bupati bocor-bocor, ruang kerja Wakil Bupati tidak ada,gimana kami bisa kerja dan melayani masyarakat dengan baik.”katanya.

Agenda lain adalah melanjutkan dan meningkatkan percepatan pencegahan dan penangganan Covid-19 termasuk sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan serta mensukseskan program vaksinasi.

“Persoalan Covid-19 termasuk dampaknya akan menjadi pekerjaan utama yang kami genjot bekerjasama dengan pemerintah Provinsi dan pusat.”ungkap Joune.

Dia menambahkan,selain dua hal diatas, persoalan admistrasi keuangan yang kini menjadi momok warisan pemerintah Kabupaten Minahasa Utara sebelumnya adalah soal TGR dana Covid-19 puluhan miliar yang kini ditangani oleh BPK.

“Masalah TGR dana Covid-19 ini jika tidak diatasi, maka akan menggangu performa sistim keuangan Pemkab Minut secara umum, maka saya akan mendorong BPK segera dituntaskan sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.”tandas Joune Ganda sambil menegaskan pejabat terkait dengan penggunaan dana Covid-19 itu harus kooperatif dan bertanggung jawab penuh.

Baca Juga:  Syukuran Awal 2017, Pemkab Minut Gelar KKR

Joune-Kevin dilantik bersama dengan 4 pasangan kepala daerah lainnya yaitu Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan, Bolmong Timur, Bolmong Selatan serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon.Selain dengan undangan terbatas, seluruh rangkaian pelantikkan tersebut dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat sesuai anjuran pemerintah.

Momentum bersejarah yakni pelantikan Joune Ganda – Kevin William Lotulung turut didampingi pasangan masing-masing yaitu Rizya Ganda Davega dan Kristy Lotulung Arina serta keluarga besar, ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara serta undangan khusus lainnya.

“Kami mendukung penuh dan akan membangun sinergitas dengan pemerintah Minut yang baru di bawah kemmimpinan Joune Ganda dan Kevin William Lotulung”tandas Ketua DPRD Minut Denny Lolong.

Usai pelantikan 5 kepala Daerah tersebut diatas, ditindaklanjuti dengan pelantikkan ketua TP-PKK oleh ketua TP-PKK Provinsi Sulut Ny Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan dihadiri dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut Steven O.E Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos dan para bupati Walikota periode 2021-2024.

Untuk ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Utara resmi di jabat oleh Rizya Ganda Davega, istri tercinta Bupati Joune Ganda.(nando)

Pos terkait