Menkes Budi Gunadi Sadikin Mengaku Senang Lihat Semangat Lansia di Sulut Mau Divaksin

Manado – Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Jumat (5/3) pagi memantau langsung proses vaksinasi massal untuk yang berusia lanjut (Lansia), di Auditorium Universitas Negeri Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Tinjauan ini didampingi Dirjen P2P Kemenkes, Dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM MARS dan Dirut RSUP Kandou, Dr.dr Manado Dr.dr. Jimmy Panelewen.

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers kepada puluhan awak media mengatakan, vaksinasi tahap kedua ini adalah untuk yang berusia lanjut setelah tahap pertama petugas kesehatan.

“Prioritas kedua adalah lansia dan saya sangat terharu melihat antusias dan semangat dari para lansia yang divaksin sebab rata-rata usia yang saat ditanya adalah di atas 70 tahun. Saya sangat senang melihat lansia yang sehat-sehat dan semangat mau datang,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin juga didampingi, Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Runtuwene, Dirut RSUP Prof Kandou Manado, Dr. Jimmy Panelewen dan Rektor Unsrat, Prof. Ellen Kumaat.

Lebih lanjut, Menkes mengatakan vaksinasi Covid-19 selanjutnya adalah untuk tenaga publik.

Baca Juga:  Pendidikan SMA/SMK Sederajat Bolmong dan Bolmut Dioptimalkan

“Selain lansia kami juga akan melaksanakan vaksinasi untuk mereka yang bekerja sebagai tenaga publik yang sehari-harinya bekerja dan bertemu dengan banyak orang,” tambahnya.

Menurutnya, target Kementerian Kesehatan dengan dilakukannya vaksinasi ini untuk menekan penyebaran wabah pandemic Covid-19.

“Jadi target kami untuk menahan laju penyebaran, namun kalau untuk menghilangkan wabah pandemic ini secara 100% dibutuhkan waktu beberapa tahun lamanya. Jadi kalau sudah divaksin bukan serta merta sudah hilang namun vaksin ini bisa menekan secara drastis penyebaran wabah pandemi ini,” jelas Menkes.

Menkes mengatakan apa yang harus dilakukan dalam menahan penyebaran saat ini adalah dengan mengubah perilaku.

“Yang paling penting adalah perubahan perilaku dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga sanitasi kebersihan kemudian menjaga jarak, dengan harapan setelah vaksin, antibodi dan daya tubuh kita membunuh virus covid-19,” tutur Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Turut mendampingi, Direktur SDM, Pendidikan, dan Umum, Dr. dr Ivonne Elizabeth Rotty, M.Kes, Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang, dr. Jehezkiel Panjaitan dan Direktur Perencanaan, Keuangan, dan Barang Milik Negara, Dewi Anggraini, SE, MM.

Baca Juga:  Dirut RSUP Kandou Jimmy Panelewen Launching Pelayanan Rapid Test Antigen Drive Thru dan Non Drive Thru

(Benyamin)