Resmikan Gedung Palma RSUP Kandou, Menkes Budi Gunadi Sadikin Tegaskan Utamakan Dokter Berkualitas

MANADO, MANADONEWS.co.id – Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, meresmikan Gedung isolasi tekanan negatif (Palma) RSUP Prof R.D Kandou Manado, Jumat (05/03/2021), disaksikan Ketua Komisi IX DPR RI Felly E Runtuwene, Plt Dirjend P2P Kementerian Kesehatan dr Maxi Rondonuwu DHSM MARS, Kadis kesehatan Sulawesi Utara Debby Kalalo, dan Ketua Komisi IV DPRD Sulut Brayen Waworuntu,  bersama Direktur Utama RSUP Prof Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB. KBD

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kesehatan merupakan Faktor yang sangat penting untuk membangun bangsa, untuk itu harus dibangun Sumber Daya Manusia yang benar benar kompeten.

“Kesehatan adalah sektor yang sangat penting, Sumber daya manusia rumah sakit adalah aset rumah sakit yang sangat berharga karena manusialah yang mengendalikan seluruh kegiatan yang ada di rumah sakit”, ujarnya seraya menambahkan bahwa orang datang di Rumah Sakit bukan karena gedungnya tapi orang datang rumah sakit yang dicari dokternya.

“Kita cari rumah sakit itu bukan karena gedungnya tapi yang dicari dokternya jadi dokternya harus bagus-bagus, jadi yang harus kita utamakan adalah dokter dokter yang berkualitas yang bagus”ungkap Menkes.

Baca Juga:  JWS Hadiri Rakornas Persiapan Pilkada Serentak

Menkes juga mengatakan bahwa untuk menghasilkan dokter-dokter yang hebat Tugas rumah sakit vertikal harus bekerjasama dengan fakultas kedokteran untuk menjadi tempat Penelitian bagi Dokter-Dokter dan untuk menjadi tempat praktek dokter ahli.

“RSUP Kandou adalah rumah sakit paling besar di Manado dengan tugas sosial 2 selain merawat orang sakit harus bisa membina semua rumah sakit yang ada di sulut Untuk bisa meningkatkan kemampuan risetnya” ujarnya.

Sementara Dirut RSUP Prof Dr R D Kandou Manado Dr dr Jimmy Panelewen Sp.B KBD dalam laporannya menyampaikan bahwa RSUP Kandou telah bertransformasi berdiri 1936 yang sebelumnya ada di pusat kota yang sekarang hotel peninsula dan pada 1995 pindah lokasi di Malalayang bernama RSU Pusat Malalayang dan pada 2004 menjadi RSUP Prof R D Kandou, yang diambil dari nama mantan dekan pertama Fakultas Kedokteran Unsrat Manado dan juga mantan Direktur Utama Pertama RSUP Kandou manado.

Dirut menyampaikan penanganan Pasien Covid yang ada di rumah sakit RSUP Kandou sudah sesuai prosedur dimana semua dokter terlibat langsung.

Baca Juga:  Pemkab Bolmong Tandatangani Kesepakatan KUA-PPAS 2019

“Ada beberpa regulasi penambahan yang kami buat menyingkapi adanya covid 19 yaitu regulasi penambahan tempat tidur , kemudian kami meminta agar semua tenaga kesehatan bertanggung jawab terhadap covid 19 terutama untuk teman-teman sejawat dokter DPJPnya tidak bisa terikat pada satu kompetensi,karena ini berhubungan dengan penyakit baru jadi kita belajar bersama untuk bertanggung jawab dalam penanganan pelayanan Covid-19.”pungkasnya.(Ben)