Harapan Richard Sualang dan Hengky Kawalo agar Basket Dipertandingkan di Porprov Sulut

Manado – Cabang olahraga basket diharapkan bisa dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulut tahun ini. Hal tersebut dikemukakan dua pentolan pengurus olahraga Kota Manado, dr Richard Sualang selaku Ketua Pengcab Perbasi Manado dan Ketua KONI Manando, Hengky Kawalo.

Apa yang disampaikan Sualang dan Kawalo cukup beralasan, karena cabor basket memiliki kans untuk mendulang medali emas di Porprov Sulut Dua ajang bergengsi antar kabupaten kota.

Porprov Sulut ke 9 tahun 2017 di Kabupaten Minahasa dan ke 10 di Kota Bitung tahun 2019 mengukuhkan kontingen Manado sebagai juara umum.

Keberhasilan kontingen Manado meraih juara umum pertama setelah memperoleh 71 emas, 48 perak dan 37 perunggu di Minahasa tahun 2017. Kemudian mempertahankan juara umum pada Porprov di Kota Bitung dengan raihan 74 medali emas, 45 perak dan 50 perunggu.

“Mudah-mudahan harapan Porprov tahun 2021 di Bolmong sudah bisa mempertandingkan olahraga basket,” ujar Kawalo di sela kegiatan Muskot Perbasi Manado di Graha Manado Post, Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga:  BERITA FOTO: Gebrak Masker Pjs Gubernur Agus Fatoni

Sementara geliat konsolidasi pembinaan menjadi target awal Pengcab Perbasi Manado.

Artinya semangat baru pembinaan klub agar bisa memunculkan atlet baru.

“Tahun ini saya harapkan konsolidasi pembinaan di klub-klub supaya ada ukuran kemudian difasilitasi dengan kompetisi,” tutur Richard Sualang.

Sualang pun berharap cabor basket dapat dipertandingkan di Porprov XI Bolmong tahun ini. Untuk mendapat tim yang handal, Ia berharap adanya tambahan pembinaan yang bisa menyentuh tingkat SD dan SMP. Pembinaan dengan format kelompok umur jadi andalan sebagai dasar penciptaan bibit pebasket handal.

“Paling tidak Guru olahraga harus ada standarisasi kepelatihan juga, biar basket lebih baik kedepan,” pinta Sualang usai terpilih kembali memimpin Pengcab Perbasi Manado periode 2021 – 2025.

(Benyamin)