Catatan untuk RUPS-LB: Bank Sulutgo Butuh Komut Cakap, Kejadian Lalu jangan Terulang

Tondano, Manadonews.co.id – Komisaris Utama (Komut) bank daerah punya peranan strategis melaksanakan kerja diplomasi kepada kepala daerah pemegang saham.

Pengamat politik dan pemerintahan dari Tumbelaka Academic Center (TAC), Taufik Manuel Tumbelaka, mengingatkan kepada pemegang saham PT Bank Sulutgo (BSG) mengangkat komisaris utama yang punya kecakapan

“Momentum RUPS hari ini semoga menghasilkan sosok Komut yang cakap berdiplomasi bisa melaksanakan kerja politik yang baik dengan pemegang saham,” jelas Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Kamis (18/3/2021).

Tumbelaka menyontohkan peralihan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sejumlah Pemda beberapa tahun lalu adalah buah kinerja tidak maksimal dewan komisaris.

“Terutama komisaris utama punya tugas melobi dan menjalin komunikasi baik dengan Pemda karena itu kerja politik. Sementara, jajaran direksi punya tugas berat dalam pengoperasian bank,” tandas Tumbelaka.

Diketahui, Kamis (18/3/2021) hari ini, PT Bank Sulutgo (BSG) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) di Hotel Yama Tondano, Kabupaten Minahasa.

RUPS-LB mengagendakan pengangkatan Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi untuk periode empat tahun mendatang.

Baca Juga:  Arus Dukungan Warga Terus Mengalir, Nama Welly Munaiseche Diatas Angin

Beberapa nama disebut-sebut bersaing merebut hati pemegang saham untuk menduduki dua jabatan puncak di bank dengan slogan ‘torang pe bank’ yakni Komisaris Utama (Komut) dan Direktur Utama (Dirut).

Di antaranya, Edwin Silangen dan Marhanny berpeluang sebagai Komisaris Utama, serta Jeffrey Wurangian dan Refino Pepah sebagai Direktur Utama.

(JerryPalohoon)