Kapan Walikota Bitung dan Manado Dilantik? Ini Kabar Terbaru dari Pemprov Sulut

Manado – Dari 8 pasang kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 di Provinsi Sulawesi Utara, 6 pasang telah dilantik.

Diawali dengan pelantikan pasangan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin, 15 Februari 2021 lalu.

Selanjutnya, pada Jumat, 26 Februari 2021, Gubernur Olly Dondokambey mewakili Presiden melantik 5 pasang kepala daerah yakni Maurits Mantiri-Hengky Honandar sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Joune Ganda-Kevin Lotulong sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Carol Senduk-Wenny Lumentut sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Frangky Wongkal-Petra Rembang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan dan Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan.

Sementara 2 pasang kepala daerah yakni Walikota dan Wakil Walikota Bitung, serta Walikota dan Wakil Walikota Manado belum dilakukan pelantikan dikarenakan masa jabatan petahana belum berakhir.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sulut, Dr. Jemmy Kumendong, mengatakan pelantikan kepala daerah Kota Bitung dan Kota Manado akan dilaksanakan pada 30 Maret dan 9 Mei 2021.

Baca Juga:  Digagas PK KNPI Posumaen, Tatengesan Rajai Partai Final Bola Voli

“Aturannya harus berakhir masa jabatan, tidak boleh dikurangi satu hari. Jadi kemungkinan Kota Bitung pelantikan tanggal 30 Maret dan Manado tanggal 9 Mei,” terang Jemmy Kumendong kepada wartawan di Manado, Rabu (24/3/2021).

Diketahui, pasangan Walikota dan Wakil Walikota Bitung terpilih adalah Maurits Mantiri dan Hengky Honandar, sementara Kota Manado adalah Andrei Angouw dan Richard Sualang.

(JerryPalohoon)