Caroll Senduk: Tahun Ini UN Diganti Assesmen Nasional

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH  diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon J. S. T. Pandeirot, S.Pd., M.M., menghadiri dan membuka kegiatan Sosialisasi Asesmen Nasional Jenjang Sekolah Menengah Pertama Se- Kota Tomohon, Selasa (30/3).

Walikota dalam sambutan yang dibacakan Pandeirot mengatakan pada tahun 2021 ini pemerintah melalui Kementerian pendidikan dan Kebudayaan RI mengambil kebijakan untuk merubah sistem evaluasi pembelajaran sekolah dari ujian nasional (UN) ke Asesmen nasional sebagai upaya memperbaiki kualitas pendidikan secara menyeluruh.

“Asesmen nasional dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa,” ujar Wali Kota.

Asesmen nasional bertujuan untuk menunjukan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa.

“Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya menerapkan kebijakan sesuai aturan sehingga dapat menghantarkan pendidikan di Kota Tomohon menjadi semakin terarah dan fokus pada pembangunan generasi yang cerdas dan berkarakter.

Baca Juga:  BPBD Bolmong Mantapkan Kapasitas Personil

Kegiatan ini dilaksanakan di AAB Guest House Tomohon 30-31 Maret 2021 yang diikuti oleh peserta Kepala-kepala Sekolah SMP se- Kota Tomohon Dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes., M.Si. dan Tim Help Desk Propinsi Sulawesi Utara Albino Kembuan, Sonny Lubis, dan Maykel Sondakh.

Yunita Rotikan