Resmikan Gedung Polnustar, Olly: Semangat Warga Nusa Utara Lahirkan Lembaga Pendidikan Representatif

TAHUNA, MANADONEWS.CO.ID – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE meresmikan Gedung Kuliah Terpadu Proyek SBSN Tahun 2020 Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa (06/04).

Olly menjelaskan bahwa berdirinya Polnustar tak lepas dari peran serta dan semangat masyarakat Nusa Utara yang menginginkan pendidikan yang memadai di wilayah perbatasan Indonesia ini.

“Semangat dari warga Nusa Utara pada saat itu memang menginginkan ada lembaga pendidikan yang representatif buat SDM yang ada di Nusa Utara,” ujar Olly.‎

Ia menginginkan agar Polnustar yang dibangun ini mencakup warga masyarakat yang ada di kepulauan baik Sitaro maupun Talaud.

Berdirinya Polnustar merupakan peluang dalam peningkatan ekspor komoditi khas kepulauan yaitu ikan tuna.

“Syukur peluang kita Provinsi Sulut setiap rabu sudah mengekspor ikan tuna secara langsung,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut orang nomor satu di Sulut ini meminta agar Polnustar serta SMK yang ada di Nusa Utara untuk mengembangkan potensi yang ada dengan memahami cara menangkap yang benar serta cara packing yang memenuhi standar dari Jepang.

Baca Juga:  FPT PDIP, Tatong Aman, Enam Balon Wawali Kotamobagu Ketat!

“Bagaimana supaya tangkapan nelayan harganya betul-betul sangat mahal karena ikan tuna disini ikan tuna yang sirip kuning,” katanya.‎

Ia mengingatkan kualitas SDM yang baik memerlukan fasilitas yang memadai.

“Kalau kita cuman menciptakan pendidikan tanpa menyiapkan tempat untuk orang-orang yang kita didik percuma, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memiliki misi yang sama yakni bagaimana kita membangun dari pinggiran,” katanya sembari melanjutkan, karena tugas pemerintah adalah hadir ditengah-tengah masyarakat untuk meningkatkan SDM sekaligus meningkatkan pendapatan.‎

Sementara terkait kendala masyarakat kepulauan khususnya fasilitas listrik, Olly mengatakan bahwa ini merupakan kewajiban negara untuk menyiapkan pembangkit listrik.

“Ke depan pemerintah sudah akan mempersiapkan pembangkit listrik di Sangihe, kita akan kembangkan menggunakan LIG,” bebernya.

Dirinya berharap adanya kerja sama dari dunia pendidikan, pemerintah dan masyarakat untuk menjaga aset-aset pemerintah yang sudah dibangun di wilayah itu.

Usai peresmian Gubernur Olly Dondokambey SE usai meninjau gedung Polnustar kepada sejumlah awak media mengatakan tertundanya peresmian sejumlah infrastruktur di Kepl. Sangihe dikarenakan situasi pandemi.

Baca Juga:  Hukum Tua Pineleng Raya: Selamat HUT ke- 4 Manadonews.co.id

“Saya kira semua ini Anggaran Tahun 2020, keterlambatan peresmian karena covid karena semua ini anggarannya adalah dari Kementerian Pendidikan sekaligus juga dibawah dirjen advokasi” terang OD.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda Sulut, Ketua DPRD Prov. Sulut dr.Fransiscus Silangen, Anggota Dewan Prov Sulut Drs Winsulagi Salindeho (Penggagas Polnustar), para pejabat di lingkup Pemprov Sulut, Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME bersama Forkompida Kepl. Sangihe, Wakil Ketua DPRD Kepl. Sangihe Ferdy Sondakh, Direktur Polnustar Prof. Dr. Ir. Frans G Ijong MSc.‎

Riko Takaonselang

Tags: