DPRD Salut Pemprov Sulut masih Tunjukkan Kinerja Maksimal

Manado – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penutupan Masa Persidangan Pertama tahun 2021 dan Penyampaian Laporan kinerja Alat Kelengkapan DPRD (AKD) sekaligus Pembukaan Masa Persidangan kedua tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses pertama tahun 2021 di ruang rapat paripurna, Senin (19/4/2021).

Mencermati kondisi wabah Covid-19 maka mekanisme rapat paripurna dilaksanakan dengan memadukan kehadiran secara fisik dan virtual dengan tetap menetapkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran covid-19.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD, dr Fransiscus Andi Silangen (FAS), didampingi wakil ketua Victor Mailangkay dan Billy Lombok, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa atas rahmat dan anugerahnya masih diberikan nafas kehidupan dan kesehatan di tengah tengah situasi pandemi Covid 19 yang sampai dengan saat ini masih melanda seluruh dunia, melanda bangsa dan negara kita, termasuk daerah Provinsi Sulawesi Utara.

“Secara pribadi saya menyampaikan salut kepada rekan-rekan pimpinan dan anggota DPRD yang tetap menunjukan performa yang maksimal dalam menjalan tugas-tugas kedewanan selama masa persidangan pertama antara lain, dalam menyerap aspirasi masyarakat, mengawal dan mengawasi kinerja pemerintah daerah, serta melakukan tugas pengawasan atas pelaksanaan peraturan daerah walaupun kita masih dalam situasi pandemi covid 19 saat ini,” jelas Silangen.

Baca Juga:  Plt Ketum PPP Dukung Penuh Kadernya Maju Pilkada

Silangen juga berharap performa baik ini semakin ditingkatkan dalam memasuki masa persidangan yang kedua

“Kita perlu mengingatkan kembali pada diri kita masing-masing bahwa kita adalah representasi dari masyarakat, kita berada di sini karena dipilih dan dipercaya oleh masyarakat sebagai penyambung lidah untuk menyampaikan apa yang menjadi aspirasi dan keinginan dari masyarakat,” kata Silangen.

Apresiasi juga disampaikan Ketua DPRD kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang tetap bekerja secara optimal dalam menjalankan pemerintahan

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw beserta seluruh jajaran pemerintah provinsi yang tetap memperlihatkan kinerja yang optimal dalam menajalankan roda pemerintahan terutama mengingat situasi pandemi Covid 19 yang masih terjadi hingga saat ini,” tukas Andi Silangen.

Di rapat paripurna ini disertai dengan penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan Dewan, untuk pimpinan dewan diserahkan oleh Wakil Ketua DPRD Billy Lombok, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) oleh Melki Pangemanan, Badan Kehormatan (BK) oleh Sandra Rondonuwu, Komisi 1 laporan kinerja diserahkan oleh Sekretaris Komisi Mohammad Wongso, Komisi 2 oleh Sjeni Kalangi, Komisi 3 Stella Runtuwene dan Komisi 4 oleh Careig Runtu.

Baca Juga:  Pasar Genggulang Jadi Pasar Penyangga

Sementara, laporan reses diserahkan per Daerah Pemilihan (Dapil). Dapil 1 Kota Manado oleh Ivan Lumentut, yang membacakan laporan dan menyerahkan hasil reses, Dapil 2 Bitung-Minut diserahkan hasilnya oleh Berti Kapojos dan Dapil 3 oleh Tonny Supit, Dapil 4 Bolmong Raya diserahkan Yusra Al Habsy, Dapil 5 Minsel-Mitra penyerahan hasil oleh Stella Runtuwene, dan Dapil 7 Minahasa-Tomohon oleh Melisa Gerungan.

Gubernur Olly Dondokambey pada sambutan memberi apresiasi kepada DPRD Sulut yang menggelar agenda rapat paripurna.

“Saya ucapkan terima kasih dan apreasi yang tinggi kepada pimpinan dan anggota DPRD Sulut atas terlaksananya agenda paripurna ini. Pemerintah dan segenap rakyat Sulut sampai saat ini berbangga kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD yang senantiasa konsisten menunjukkan pemenuhan tanggung jawab keluhan rakyat, mampu membangun sinergitas dengan pemerintah untuk membangun daerah nyiur melambai. Pemerintah Sulut dapat mengawal pencapaian visi dan misi pembangunan di tengah tantangan pandemi Covid 19,” terang Gubernur.

Gubernur mengharapkan agenda reses yang sudah dilaksanakan anggota DPRD Sulut, bisa menjadi bahan menyusun langkah ke depan.

Baca Juga:  Mantapkan Pilkada Serentak 2020, Gubernur Olly Vidcon Bersama Mendagri

“Seiring dengan agenda paripurna ini sangat diharapkan hasil kegiatan reses tahun 2021 menjadi bahan DPRD Sulut untuk bersama pemerintah daerah menyusun langkah strategis rencana kerja ke depan sehingga seluruh kebutuhan dan aspirasi masyarakat dapat terakomodasi dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” jelas Gubernur.

Rapat paripurna dihadiri Wagub Steven Kandouw, Sekprov Edwin Silangen dan jajaran, anggota DPRD, Forkopimda dan Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu. (AdvertorialDPRDSulut)