Pemkot Manado dinilai “Longgarkan” Syarat Berkunjung di Mal Transmart Kairagi, Usia Balita Bebas Masuk!

Manado, MANADONEWS.co.id – Pemerintah Kota Manado dalam penerapan aturan teknis Protokol kesehatan khusus bagi operasional pusat perbelanjaan modern terkesan pilih kasih dan setengah hati.

Pasalnya khusus untuk Mall Mega Mas dan Mantos bagi pengunjung usia dibawah 12 tahun dilarang masuk, sementara untuk di Transmart Kairagi terkesan “dibiarkan” seperti yang tertulis di papan peringatan yang ada di pintu masuk utama.

Pantauan media ini, Selasa (20/4/2021) sore hari, tampak pengunjung terdapat sejumlah anak usia 12 tahun ke bawah, bahkan masuk kategori Balita yang masuk keluar Mal hingga lantai atas secara bebas.

Sementara itu, jika sebelumnya petugas protokol kesehatan mengarahkan para pengunjung untuk mencuci tangan dan mengukur suhu badan¬† saat masuk, pada saat ini terkesan penjagaannya “longgar”.

Selain penerapan prokes yang lemah, berbeda dengan Mal lainnya di kota Manado, Transmart baik yang di bahu dan Kairagi Manado mengoperasikan wahana bermain anak-anak.

Syahrir warga Paniki Baru kepada media saat di mintai komentarnya termait penerapan prokes di sejumlah Mal di kota Manado,  antara lain mengatakan dibanding Mal yang ada di kota Manado,  penerapan aturan prokes covid-19 di Trasmart tidak begitu ketat, bahkan tidak jarang pengunjung menggunakan masker secara tidak benar, luput dari pengawasan petugas internal.

Baca Juga:  Dibuka Gubernur, Caroll - Wenny Hadiri Rakorwas Keuangan Intern Tingkat Provinsi

“Iya benar, khusus Mantos dan Mega Mal jangankan anak di bawah umur, saya saja sejak ada aturan prokes Covid-19 tentang operasional Mal tidak diperbolehkan masuk karena dalam keadaan sakit. “tandasnya sambil berharap pemerintah Kota Manado memberlakukan aturan yang sama soal operasional Mal yang ada secara tegas dan adil demi maksimalnya pencegahan penularan Covid-19 demi kebangkitan perekonomian di Kota Manado.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi GM Mantos Yono Akbar menyayangkan jika kondisi itu benar terjadi.Sebab kata Yono sepengetahuannya pemerintah Kota Manado dalam hal ini Tim Satgas Covid-19 sangat ketat dan tegas soal penerapan prokes pada saat operasional Mal, khususnya batas usia pengunjung.

“Yang pasti sejak ketentuan operasional Mal khusus terkait dengan syarat pengunjung Mantos hingga saat ini tidak memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun apalagi bayi untuk berkunjung selama Pandemi covid-19.” ujar Yono termasuk tidak membuka wahana bermain anak-anak dan selalu patuh dengan semua anjuran dan upaya pemerintah terkait covid-19 secara keseluruhan

Baca Juga:  Pemkot Tomohon dan LPKA Tomohon Gelar MOU

Untuk itu kata Yono, karena ketegasan pihaknya terhadap syarat khusus untuk warga berkunjung dikaitkan dengan prokes, maka hingga saat ini pengunjung di Mantos masih berkisar 30% dari biasanya, meskipun ada penambahan atau perubahan jam operasional hingga pukul 10 malam.

“Yang pasti, meski dalam kondisi yang sangat anjloknya jumlah pengunjung, namun manajemen Mantos tetap berkomitmen untuk menjaga penerapan prokes secara maksimal sesuai anjuran pemerintah kota Manado.”ujar Yono sambil berharap pemerintah menilik kondisi dan upaya pemulihan perekonomian sambil tetap mengatasi dampak pandemi covid-19.(nando)