Kabar Gembira! Semua Proyek Strategis Usulan Pemprov Sulut Disetujui Pemerintah Pusat

Manado – Masyarakat patut berbangga. Pasalnya, seluruh proyek strategis usulan Pemprov Sulut disetujui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas RI.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Olly Dondokambey kepada wartawan usai membuka pelaksanaan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Rabu (21/4/2021).

“Puji Tuhan, semua proyek yang diusulkan sampai tahun 2022 seperti pengembangan peternakan di Bolmong Utara, jalan lingkar pulau Karakelang, jadi semua daerah dapat bagian,” jelas Gubernur Dondokambey.

Selain itu, pemerintah pusat juga menyetujui rencana pembangunan tol Manado-Amurang, namun merupakan proyek investasi yang membutuhkan pihak lain yakni pengusaha.

“Pembangunan market fish akan dihubungkan dengan pelabuhan perikanan berskala internasional yang akan dibangun di Likupang,” tukas Gubernur.

Gubernur Dondokambey menambahkan, perintah pusat menyetujui proyek pelabuhan internasional karena melihat usaha dan kerja keras yang dilakukan Pemprov Sulut.

“Internasional Fish Market ini telah disetujui karena pemerintah pusat melihat Pemprov Sulut telah lebih dulu membuka pasar ekspor langsung ke Jepang, Cina, karenanya pemerintah pusat mendukung proyek perikanan di Sulut,” kata Gubernur.

Baca Juga:  Gubernur Sulut Terus Perhatikan Pembangunan Rumah Ibadah

Kepala Bappeda Sulut, Ir. Jenny Karouw, membenarkan bahwa usulan Pemprov Sulut disetujui Kementerian PPN/Bappenas.

“Semua yang telah disampaikan tadi akan mendapatkan alokasi dana dari APBN 2022 dan hal ini tentunya akan dilakukan pembahasan yang tentunya akan disesuaikan dengan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan, misalnya pembangunan jalan alternatif Manado-Tomohon itu nanti akan disesuaikan dengan tahapan-tahapan teknis yang akan dilaksanakan,” urai Jenny Karouw.

“Disampaikan pak Gubernur juga soal Internasional Fish Market dan pelabuhan Likupang itu bagian dari pengembangan KEK Likupang yang berada di luar kawasan namun mengsuport KEK Likupang ini nantinya mendukung penyediaan ikan yang akan kita dikirim ke Jepang,” tambah Jenny Karouw.

Jenny Karouw juga menyampaikan bahwa untuk pengembangan ternak dan rumah potong hewan akan dialokasikan di Bolaangml Mongondouw Utara, serta membangun pasar induk bagi kebutuhan masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara. (***/JerryPalohoon)