Surat keterangan Lulus Peserta Didik Jangan Ditahan

Manado, MANADONEWS –
Satuan Pendidikan SMA di Sulawesi Utara (Sulut) tidak diperkenankan menahan surat keterangan lulus (SKL) kepada peserta didik yang dinyaatakan lulus.

“Dengan alasan apapun,” tegas Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Penidikan Daerah Sulut, Arthur Tumipa baru-baru ini.

Diketahui, pengumuman kelulusan peserta didik SMA Tahun Ajaran 2020-2021 akan disampaikan 3 Mei 2021.

Satuan pendidikan jelang pengumuman wajib melakukan pengelolaan nilai ujian sekolah, rapat penentuan kelulusan serta penyerahan buku laporan hasil belajar.

“Peserta didik yang dinyatakan lulus wajib ditetapkan dalam rapat dewan guru. Kemudian penyampaian kelulusan dapat dilaksanakan Pukul 15.00 Wita secara daring atau aplikasi media lainnya,” Tumipa.

Apabila pengumuman kelulusan siswa dilaksanakan secara luring atau luar jaringan, beber Arthur, harus dibawa secara langsung oleh guru atau tenaga pendidik. “Diserahkan secara langsung ke orangtua atau wali siswa di rumah masing-masing dalam sampul amplop tertutup,” ungkapnya.

Dia menegaskan, sangat penting bagi satuan pendidikan untuk mengarahkan dan mengawasi para peserta didik untuk tidak merayakan kelulusan di dalam sekolah, luar sekolah atau tempat keramaian umum. “Apalagi konvoi kendaraan. Jadi tidak melakukan aksi coret mencoret pakaian seragam,” tandasnya.

Baca Juga:  Bersua Kajati Sulut, Wabup Minahasa Nyatakan Dukungan Penuh

(Youngky)