Legio Luminis Indonesia Gelar Pertemuan Perdana: Ajang Pengenalan Pengurus dan Organisasi

  • Whatsapp

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Pasca terbentuk dan memiliki Badan Hukum, Organisasi Masyarakat (Ormas) Legio Luminis Indonesia (LLI), menggelar pertemuan perdana sekaligus pengenalan pengurus dan organisasi di puncak Makatete Hills, Warembungan, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (27/4).

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ketua Umum (Ketum) Wenny Lumentut, Ketua Harian Fabian Kaloh, Sekjen Janny Kopalit dan Bendum Tonny Rawung, Penasehat Edwin Kindangen hadir dalam pertemuan tersebut.

Ketum Wenny Lumentut mengatakan LLI dalah Ormas yang dihuni umat Katolik dari berbagai kalangan, dan memiliki tujuan yang sama yakni untuk membantu komunitas umat dan kegiatan gereja.

“LLI harus punya kepedulian dalam pemberdayaan umat, gereja dan masyarakat,” jelasnya.

WL (begitu ia biasa disapa) juga menuturkan, Ormas LLI berdiri dengan semangat dan tujuan yang jelas.

“Salah satunya yakni menjaga keamanan dan menjadi pelopor kerukunan antar umat beragama,” tandasnya.

Untuk ketertiban organisasi, imbuhnya, LLI akan menerbitkan Kartu Anggota.

“Kita akan terbitkan kartu anggota, biar aman dan terkontrol. Jika daerah kita aman, maka Sulut yang saat ini sedang giat-giatnya mempromosikan pariwisata, akan dilirik wisatawan,” ucapnya.

Baca Juga:  Perempatan cool perlu ada lampu lalulintas.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP LLI, Fabian Kaloh menyampaikan, LLI murni dan benar-benar Ormas serta berbadan hukum dan diakui Negara.

“Ormas LLI itu eksklusif. Tapi kegiatan-kegiatan kita itu inklusif. LLI bukan kelompok primordialis. Jangan keliru dan salah tafsir dengan LLI. Apalagi kita sama sekali tidak berafiliasi dengan partai politik manapun,” papar Ketua Komisi 1 DPRD Sulut itu.

Lanjutnya, LLI memiliki Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi. Kepengurusan ada periodisasi.

Lebih dari itu kata dia, LLI hadir untuk mejawab beberapa persoalan di umat yang belum dicover oleh kategorial.

“LLI hadir mengacu pada Undang-Undang Ormas. Itu sangat jelas, dan LLI hadir sebagai solusi bagi umat yang belum tercover oleh kelompok teritorial dan kategorial,” pungkasnya.

Dalam pertemuan itu, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sulawesi Utara Ketua Willem Kuntag, Sekretaris Jimmy Lesar, dan Bendahara Lucia Taroreh hadir lengkap bersama pengurus wilayah.

Sejumlah Dewan Pengurus Daerah (DPD) di Kabupaten/Kota pun tampak hadir.

Selain Sulawesi Utara, Ormas LLI telah terbentuk dan memiliki pengurus wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah, Gorontalo

Baca Juga:  Ketua PSSI Bolmong Nilai Yasti - Yanny Bisa Angkat Kembali Pamor Sepakbola

*/Fian

Pos terkait