Bolmong WTP, Yasti: Hasil Kerja Siang Malam ASN

Manado, MANADONEWS –
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondouw (Bolmong) mencetak sejarah. Untuk pertama kalinya, penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berhasil disabet.

Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2020 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), Senin (3/5), Pemkab Bolmong mampu menyajikan laporan yang baik. Sehingga layak menerima WTP.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat diwawancarai wartawan mengaku bersyukur pemerintahannya mampu menghasilkan prestasi yang cukup baik dengan meraih WTP. Menurutnya prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran di Pemkab Bolmong.

“Ini hasil kerja keras kita semua. Kalau kita tidak kompak dan tidak bersama-sama kerja, hasil WTP tidak akan mungkin dicapai. Seluruh ASN kerja keras siang malam tanpa pamrih,” ungkap Yasti.

Yasti menyebut, opini WTP ini sebagai pengakuan atas kerja keras seluruh perangkat daerah Kabupaten Bolmong.

“Terima kasih kepada BPK-RI, BPKP, Gubernur Olly Dondokambey, pimpinan dan anggota DPRD Sulut serta satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Bolmong,” tukasnya.
Auditorat Utama Keuangan Negara VI Dr. Dori Santosa SE MM CSFA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan.

Baca Juga:  Alami Kecelakaan Kerja, Karyawan PT Conch Pecah Kepala

“Pemeriksaan keuangan merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai “kewajaran” laporan keuangan,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, jika ada indikasi kerugian negara, maka hal ini harus diungkap dalam LHP. “Jika pemeriksa
menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, khususnya yang berdampak pada adanya potensi dan indikasi kerugian
negara, maka hal ini harus diungkap dalam LHP,” tuturnya.

Terpantau, para ASN Bolmong yang menyaksikan dari luar melalui layar yang sediakan pihak BPK langsung sujud syukur.

Dua tahun sebelumnya Pemkab Bolmong hanya meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan disclamer.(Youngky)