Bantu Usaha Kreatif di Tomohon, Vanda Sarundajang Gandeng Kemenparekraf dan BRI

  • Whatsapp
Vanda Sarundajang

TOMOHON, MANADONEWS.VCO.ID – Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang (VaSung) yang dikenal sangat aktif memperjuangkan aspirasi masyarakat Sulawesi Utara di sektor pendidikan, kali ini menggandeng mitra kerjanya, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tomohon dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), melakukan sosialisasi fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan fokus membantu usaha ekonomi kreatif di Kota Tomohon.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Vanda Sarundajang turut dihadiri Lily Solang mewakili Wali K ota Kota Tomohon Carrol J.A Senduk dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Masna Pioh.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat (21/05/21), bertempat di Hall Grand Master Resort Lingkar Barat Kelurahan Kakaskasen Satu, Tomohon Utara Kota Tomohon itu, menghadirkan pembicara Deputy Bidang Usaha dan Investasi Kemenparekraf Fadjar Utomo dan Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraft Hanifah Makarim, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tomohon Ibu Masna Pioh, Pimpinan BRI Cabang Tomohon serta motivator penerima KUR yang sukses INilam Sari (pemilik Kebab Turki Baba Rafi).

Baca Juga:  VaSung Sebut Disiplin dan Kerja Keras jadi Kunci Upaya Pemulihan Sektor Pariwisata

Dikatakan VaSung amanat Presiden Jokowi yang sangat fokus pada pentingnya usaha kreatif dalam menopang Pariwisata dan devisa di Indonesia , tidak terkecuali di Kota Tomohon.

“Karena ada 92 destinasi wisata di Kota Tomohon dan merupakan yang terbanyak pertumbuhannya di Sulawesi Utara,” terang VaSung,

Ia mencotohkan salah satu bentuk usaha kreatif, pisang goroho yang merupakan andalan kuliner Sulawesi Utara, kalau hanya dibuat biasa saja sepert digoreng dan dikemas dengan plastik biasa untuk di jual,

“Itu merupakan UKM biasa. Tapi apabila pisang goroho di goreng dengan di beri rasa seperti rasa ikan roa dan rasa keju lalu diberi kemasan yang menarik berarti sudah masuk dalam usaha kreatif,,” papar Vanda.

Dikatakannya, usaha Kreatif yang telah ada dan berkembang di Kota Tomohon akan disupport dari Pemerintah Kota Tomohon serta modal usaha akan diberikan oleh fasilitas KUR BRI.

Kegiatan berjalan dengan meneapkan protokol kesehatan. Para peserta menjalani rapid test antigen sebelum masuk ruanganSebelum masuk dalam ruangan peserta harus mengikuti protokol kesehatan ketat dengan antri rapid test antigen sebagai syarat utama peserta sosialisasi,

Baca Juga:  Vanda Sarundajang: Untuk Mewujudkan Empat Pilar Generasi Muda harus Tolak Narkoba

Seluruh peserta yang merupakan pengusaha dari subsektor ekonomi kreatif antara lain Kuliner, Musik, Aplikasi, Pengembangan Permainan(game), Seni Pertunjukan, Seni Rupa,fashion, fotografi, desain produk (grafik design) tampak serius mengikuti ulasan serta pro aktif dalam dialog tanya jawab oleh pembawa materi .

*)

Pos terkait