Bupati Joune Ganda Memaknai Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

Minut, MANADONEWS.co.id- Pancasila sebagai dasar negara dan bangsa adalah merupakan nilai-nilai yang sistematis, fundamental dan menyeluruh. Oleh sebab itu, maka sila-sila Pancasila merupakan kesatuan yang bulat dan utuh, hierarkhis dan sistematis.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 ditengah masa Pandemi Covid-19 saat  besok, menuntut seluruh rakyat Indonesia agar tetap berpedoman pada nilai-nilai luhur Pancasila.

“Dimasa Pandemi Covid-19, nilai-nilai luhur Pancasila itu menjadi pemersatu dan motivasi untuk saling berbagi, membantu dan bergotong royong” kata Bupati Minahsa Utara Joune Ganda, SE kepada media ini, Senin(31/5/2021).

Menurut Joune Ganda, patut di syukuri hingga saat ini Pancasila tetap menjadi landasan yang kuat untuk mengatasi tantangan, menunjukan rasa sosial dan pedulian untuk saling berbagi dan memperkokoh persaudaraan dan kegotong-royongan kita untuk meringankan beban serta menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi.

“Peringatan Hari Kelahiran Pancasla tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.” ujarnya.

Baca Juga:  DPRD Bolmong Bahas Ranperda Kabupaten Layak Anak

Dia menambahkan, dalam Pancasila, terkandung berbagai makna yang perlu dipahami setiap warga negara Indonesia. Hal ini agar warga negara dapat lebih mencintai dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara menyeluruh dan merata.

Menurut Joune Ganda, Pancasila sebagai pandangan hidup dan sebagai dasar negara dimana makna dari pancasila sebagai pandangan hidup itu bangsa Indonesia.

Hal itu katanya, memiliki arti bahwa kita menjadikan pancasila untuk menjadi pedoman didalam setiap apa yang kita lakukan di setiap apa yang kita perbuat.

“Sebagai warga negara tentunya kita harus mencerminkan dalam sikap kita nilai nilai yang ada dalam setiap butir butir dalam pancasila itu sendiri.”tuturnya.

Wakil ketua bidang ekonomi DPD PDI Perjuangan Sulut itu menambahkan, Pancasila juga memiliki makna sebagai dasar negara tentunya menjadi pedoman bagi seluruh masyarakat indonesia terutama nilai nilai yang terkandung dalam pancasila itu, harus menjadi dasar di setiap peraturan di setiap kebijakan dan dasar dari norma norma hukum yang ada dan berlaku di negara Republik Indonesia.

Baca Juga:  Dinkes Mitra Himbau Pencegahan Dini Demam Berdarah

Untuk itu ujarnya, sebagai  Bupati dia selalu berharap agar seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara untuk meningkatkan pemahaman dan melestarikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam lima sila Pancasila secara utuh, dalam segala aspek kehidupan.

” Yang pasti Makna pancasila sebagai filsafat bangsa dan negara RI mengandung arti bahwa dalam setiap aspek kehidupan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan harus berdasarkan nilai-nilai: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan.”tandas Bupati Joune Ganda menambahkan sebagai pekerja PDI Perjuangan dia selalu menjabarkan salah satu nilai luhur Pancasila yakni semangat gotong royong dalam memimpin Kabupaten Minahasa Utara.(nando)

Pos terkait