Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaEkonomi & BisnisManado

Wah, Target 300 M Tercapai Baru 70 M, Andrei Angouw ‘Ultimatum’ Bapenda Manado

×

Wah, Target 300 M Tercapai Baru 70 M, Andrei Angouw ‘Ultimatum’ Bapenda Manado

Sebarkan artikel ini

Manado – Tindak lanjut dari pertemuan akhir pekan lalu, Senin (31/5/2021) pagi, Walikota Andrei Angouw didampingi Wawali Richard Sualang dan Sekkot Micler Lakat, kembali menggelar rapat bersama pejabat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Manado.

Hadir Kepala Bapenda Harke Tulenan, sekretaris dan sejumlah pejabat.

MANTOS MANTOS

Andrei Angouw kembali mempertegas beberapa hal terkait realisasi pajak dan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan. Harapan Walikota pada pertemuan awal Jumat tersebut agar dia mendapatkan Peta Potensi Pajak di Kota Manado kembali dibahas.

Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pendapatan-pendapatan daerah lainnya dikupas tuntas.

Terungkap, hingga Mei 2021, realisasi pajak Kota Manado baru mencapai 70-an Miliar Rupiah dari target 2021 sebesar 300 Miliar Rupiah lebih.

“Ini terlalu lambat, makanya perlu didorong kerja-kerja Bapenda dalam hal pengelolaan pendapatan dan pajak retribusi,” jelas Andrei Angouw.

Update PBB dan pajak-pajak lainnya termasuk mengejar hutang di-stressing Walikota Andrei Angouw.

“Kita harus mencapai target dengan waktu tujuh bulan mana yang harus kita lakukan!” tegas Andrei Angouw.

Mencapai target tersebut, ditambahkan Wawali Richard Sualang tak ada cara selain meningkatkan kinerja.

“Tingkatkan etos kerja, mari kita berjalan bersama dalam gerbong ‘kapal’ yang sama,” tambah terang Richard Sualang.

Sebelumnya diberitakan, pendapatan melalui sektor pajak sangat menentukan kemajuan ekonomi suatu daerah.

Hal itu pula yang menjadi perhatian pemerintahan kota Manado yang dipimpin Walikota Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang.

Bertempat di ruang rapat Kantor Walikota, Jumat (28/5/2021) lalu, Walikota Andrei Angouw mengundang rapat para pejabat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) membahas berbagai hal soal pendapatan daerah termasuk realisasi pajak di Kota Manado.

Andrei Angouw menanyakan beberapa hal berkenaan dengan realisasi pajak dan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan.

“Ke depannya diharapkan saya mendapatkan peta potensi pajak di Kota Manado. Pajak hotel dan restoran masih menjadi andalan pendapatan pajak,” jelas Andrei Angouw.

Andrei Angouw juga menanyakan beberapa pengusaha hotel dan restoran yang belum membayar pajak, bulan-bulan tertentu yang masih ‘bolong’ atau belum sempat membayar pajak.

Ikut dibahas soal PBB dan NJOP yakni NJOP Bumi dan NJOP Bangunan termasuk zona nilai tanah, boulevard II, ringroad dan perumahan.

“Harus ada kiat-kiat dan upaya meningkatkan pendapatan. Pembayaran pajak yang baik akan dikembalikan dalam bentuk pembangunan infrastruktur yang baik untuk kepentingan masyarakat,” pungkas Andrei Angouw. (JerryPalohoon)

Example 120x600