Wagub Kandouw Minta Sarpras DAK Dikelola dengan Baik

  • Whatsapp

Manado, MANADONEWS –
Sarana dan prasarana (sarpras) hasil pelaksaan DAK fisik bidang SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra) Tahun Anggaran 2020 diminta dikelola dengan sebaik-baiknya.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan, pihaknya berharap bantuan ini dimanfaatkan sesuai dengan keinginan daripada masyarakat.

“Bagaimana tingkatkan pendidikan karena mendukung Sumber Daya Manusia (SDM)angkatan kerja di Sulut,” tegas Wagub Kandouw.

Diketahui, pada Rabu (2/6) selain melakukan peresmian sarpras pendidikan, Wagub Kandouw menandatangani prasasti bantuan DAK bidang pendidikan tahun 2020. Sekaligus memantau Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas serta Vaksinasi dan Donor Darah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut Grace Punuh membeberkan, Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang diterima Sulawesi Utara (Sulut) mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Dalam tiga tahun terakhir ini, DAK untuk SMA/SMK selalu meningkat. Jika pada tahun 2018 sebesar Rp74.803.972.950, maka pada tahun 2019 menjadi Rp102.547.486.868 atau mengalami kenaikan sebesar 37%.

“Pada tahun 2020 lalu walaupun di tengah-tengah kesulitan pada masa pandemi Covid-19, DAK fisik Pendidikan Sulawesi Utara naik dengan menyentuh angka Rp203.635.059.600 atau mengalami kenaikan hingga 99% dari tahun 2019,” ungkap Grace Punuh.

Baca Juga:  Pemkab Bolmong Utus Kaban BPBD Hadiri Peringatan PRB

Terkait dengan DAK fisik untuk tahun 2021 mengalami beberapa perubahan mekanisme. Di antaranya pelaksanaan pembangunan dan/atau rehabilitasi gedung yang tadinya dilaksanakan secara swakelola.

Namun tahun ini dilaksanakan secara kontraktual melalui penyedia/kontraktor. Dengan demikian, total anggaran DAK pun menjadi Rp159.908.281.000 atau mengalami penurunan sebesar 21% dibandingkan tahun yang lalu.

“Hal ini menjadi bukti keseriusan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam upaya terus menerus memerangi pandemi Covid-19 yang diharapkan dapat segera berakhir tetapi juga tetap memberikan stimulus pada roda perekonomian,” tukasnya.

(Youngky)

Pos terkait