Supriyantoro Singgung Sertifikat Kompetensi, Ketua Ikkesindo Sulut Bilang Tinggal Landas Perlu Kecepatan Tinggi

  • Whatsapp

Manado – Pengurus pusat Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (Ikkesindo), Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, mengukuhkan sekaligus melantik pengurus Ikkesindo Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya, Jumat (11/6/2021), dipusatkan di aula lantai 2 RSUP Kandou.

Ikkesindo sekitar Sulut meliputi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Bacaan Lainnya

Dokter Supriyantoro mengatakan, pengurus Ikkesendo diharapkan dapat bekerja maksimal dan penuh tanggung jawab.

“Selamat kepada teman teman yang menjadi pengurus Ikkesindo di Sulut dan sekitarnya. Mari bersama sama kita tunjukkan siapa kita, dengan profesional dan kontribusi berperan membangun daerah,” jelas dokter Supriyantoro.

Supriantoro menambahkan, Ikkesindo berdiri didorong oleh keinginan agar kualitas manajemen kesehatan bisa ditingkatkan.

“Karena kita kalah bersaing dengan negara tetangga. Mereka datang dengan sertifikat kompetensi, sementara kita banyak yang pakar pakar tapi tanpa sertifikat. Sama saja kita jago ngebut tapi tidak punya SIM,” terang dia.

Baca Juga:  Permintaan Robby Dondokambey untuk Warembungan

Menurutnya, Ikkesindo sudah mempunyai payung hukum sesuai Permenkes nomor 18 tahun 2019 tentang Konsultan Manageman Kesehatan, di antaranya 2 tahun setelah terbitnya Permenkes maka semua konsultan harus bersertifikat kompetensi.

“Ini sangat menjaga karena teman-teman di beberapa daerah menyadari tidak mudah mencari konsultan yang benar benar berintegritas. Ikkesindo akan membuat pelatihan dasar konsultan dan setelah pelatihan kita lakukan uji kompetensi berbasis BNSP dan mendapat lisensi dan sertifikatnya berlogo garuda yang berlaku nasional,” tandas dia sembari menambahkan bahwa Ikkesindo mempunyai lembaga sertifikasi profesi yang badan hukumnya terpisah.

Sementara, Ketua Ikkesindo Sulut dan sekitarnya, Dr. Wim Damapolii, Sp.B, Sp.U,MM, M.Kes, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada ketua Ikkesindo pusat yang telah bersedia melantik kami,” tutur Dr. Wim.

Dia menambahkan, bahwa Ikkesindo merupakan organisasi profesi yang punya peran dan tanggung jawab membangun dan mengembangkan bidang kesehatan baik fisik dan non fisik.

“Acara ini merupakan momentum ‘Starting Point’ kita untuk teman-teman konsultan wilayah indonesia timur. Semoga ini bukan sekedar seremonial, kita harus cerdas dan bekerja keras, ‘Smart Worker’ lebih penting dari ‘Hard Worker,” terang dia.

Baca Juga:  Yanni Pimpin Acara Penerimaan 520 Mahasiswa KKN Unima

Diharapkan, para konsultan nanti mampu membuktikan darma baktinya apalagi era industri 4.0 adalah tantangan besar yang harus dijawab.

“Banyak perkembangan yang memaksa kita harus tinggal landas perlu kecepatan tinggi. Satu contoh yang harus direspons konsultan harus berkiprah. Kami adalah cabang di ujung timur yang dilantik dengan segala kesederhaaan. Kami siap melakukan pekerjaaan ini dengan semangat yang tinggi,” pungkas Dr. Wim Damapolii. (Benyamin)

Pos terkait