Dipimpin Fransiscus Silangen, DPRD Terima Pertanggungjawaban APBD Sulut 2020

  • Whatsapp

Manado – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat paripurna Pengambilan Keputusan terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulut tahun 2020 di ruang rapat paripurna DPRD Sulut, Rabu (30/6/2021).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Silangen, dihadiri Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, anggota DPRD serta pejabat SKPD secara terbatas mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

DPRD menurut Fransiscus Silangen, mengapresiasi gerak kinerja Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam penanggulangan Covid-19. Perlu didukung bersama, antara lain optimalisasi pemberian vaksin kepada seluruh komponen masyarakat bersinergi dengan pemerintah kabupaten dan kota.

“Bahkan beberapa waktu lalu memantau pemberian vaksin di daerah perbatasan dan terisolir. Bahkan telah mengambil langkah bersama dengan para tokoh agama terkait pengucapan syukur. Memang perlu untuk kita merayakan pengucapan syukur namun perlu untuk secara bijak menimbang kondisi pandemi maka kami DPRD Sulut mendukung langkah tersebut,” jelas Fransiscus Silangen.

Baca Juga:  Tekan Angka Kriminal, Gubernur Olly Ajak Polda Sulut Razia Warung Penjual Miras

Sebelum penetapan Ranperda ini, telah dilakukan pembahasan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulut.

Anggota Banggar Amir Liputo dalam penyampaian laporan hasil pembahasan mengatakan, merupakan pembahasan yang berisikan bahan masukan bagi pemerintah daerah untuk kemajuan Sulawesi Utara ke depan.

”Pertama, DPRD Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi di tahun 2020 meski berada di tengah pandemi Covid 19, pendapatan daerah terealisasi walaupun berada di tahun yang cukup berat,” terang Amir Liputo.

Amir Liputo mewakili anggota DPRD Sulut memberikan apresiasi atas pencapaian WTP 7 kali berturut-turut.

“Adapun yang harus terus diperhatikan yaitu hendaknya ke depan dalam pendidikan, pemerintah Provinsi Sulut bisa memperhatikan pengelolaan dana BOS serta gaji Tenaga Harian Lepas (THL). Selanjutnya, dalam program-program kerja yang diberikan oleh BPK RI untuk dapat dipertahankan. Sisa pembiayaan anggaran tahun anggaran 2020 yang cukup besar sehingga dapat diperbaiki memperkuat secara cermat dan tepat sasaran serta efisien dari segi prioritas kebutuhan dan perhitungan teknis guna menghindari adanya Silpa yang cukup besar,” jelas Liputo.

Baca Juga:  Perangi COVID-19, Pemprov Sulut Sosialisasi Ditempat Umum

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, dalam sambutannya menyampaikan, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD memiliki bobot yang tinggi. Hal itu karena substansi utama dalam tahapan yakni kesinambungan proses pembangunan daerah yang berkolerasi dengan pembangunan bangsa. Hal tersebut maka bisa mengukur proses pembangunan, sekaligus menjadi tolok ukur untuk pembangunan ke depan.

“Laporan pertanggung jawaban harus disusun se-riil mungkin dan akuntabel,” ucap Olly Dondokambey.

Lanjutnya, selama ini telah dilakukan pembangunan sosial masyarakat sejak tahun 2020. Dengan segala keterbatasan dan hambatan yang ada di kepemimpinannya namun telah berkomitmen dengan semaksimal mungkin melahirkan dokumen pertanggungjawaban.

“Namun disadari bahwa dalam proses pembahasan masih terdapat berbagai kekurangan namun bisa direspons secara bijak, cerdas dan tepat sasaran oleh segenap anggota DPRD Sulut. Berbagai rekomendasi, saran dan kritik yang membangun selama tahapan pembahasan. Maupun tanggapan-tanggapan yang telah disampaikan dalam pembahasan sehingga Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2020 bisa disempurnakan dan diterima oleh rakyat lewat para wakilnya di DPRD Sulut. Makanya saya mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada ketua, wakil ketua dan semua anggota DPRD Sulut yang sudah melakukan pembahasan secara komprehensif dan teliti,” pungkas Olly Dondokambey. (Advertorial)

Baca Juga:  Gedung Kitawaya dan Bapelkes Segera Beroperasi Tangani Pasien COVID-19

Pos terkait