Mengatasi Banjir Manado hanya dengan Cara Ini menurut Walikota Andrei Angouw

  • Whatsapp

Manado – Tata air perlu dikelola baik untuk menghindarkan Kota Manado dari banjir dan genangan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut menjadi kesimpulan Walikota Andrei Angouw menyikapi kondisi Manado yang rawan banjir dan genangan air jika terjadi hujan lebat meskipun tidak lama.

“Hujan lokal saja pasti di banyak tempat ada genangan air, bahkan di kawasan-kawasan dekat sungai terjadi banjir,” jelas Andrei Angouw kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Jumat (9/7/2021).

Penataan drainase dan pengelolaan sampah, lanjut Andrei Angouw, perlu mendapat perhatian pemerintah dan masyarakat.

“Artinya, soal pembangunan infrastruktur termasuk membangun drainase, tanggul dan jembatan tanggungjawab pemerintah, namun masyarakat juga harus berkontribusi menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang berakibat banjir karena sungai dan saluran air tersumbat,” tukas anggota DPRD Sulut periode 2009 hingga 2020 ini.

Baca Juga:  Anak Sulung Petani Asal Morowali Raih Lulusan Terbaik Pendidikan Pertama Tamtama di Kodam XIII/Merdeka

Sebelumnya, anggota DPRD Kota Manado, Jean Sumilat, menjelaskan sistem drainase terpadu sebagai solusi mengatasi banjir dan genangan air.

“Sistem drainase yang buruk merupakan penyebab utama banjir dan genangan air. Ke depan, pembangunan drainase harus menyeluruh di setiap kawasan,” ujar Jean Sumilat, beberapa waktu lalu.

Srikandi PDI Perjuangan ini, mengajak agar masyarakat ikut berperan mengatasi banjir dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

“Karena banyak juga contoh banjir dan genangan air di banyak tempat akibat sampah yang menumpuk dalam drainase atau saluran air,” kata dia. (JerryPalohoon)

Pos terkait