Peringatan Serius! Sulut Peringkat Ketiga Penderita Diabetes secara Nasional

  • Whatsapp

Manado – Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. RD Kandou Manado, kembali menggelar edukasi kesehatan bagi para pasien dan keluarga yang berobat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan edukasi tersebut dilaksanakan di ruang tunggu poliklinik bedah, dengan memperhatikan protokol kesehatan, Selasa (13/7/2021).

Di kegiatan tersebut, dr. Bisul P. Sedli, Sp.PD, membawakan materi mengenai Penyakit Diabetes.

Menurut Dr. Bisuk, penyakit diabetes masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia dan seluruh dunia. Jumlah pasien Penyakit diabetes, atau dikenal dengan sebutan sakit gula atau kencing manis, semakin meningkat.

“Sulawesi Utara saat ini menduduki peringkat ketiga dalam hal jumlah penderita diabetes secara nasional. Ada banyak komplikasi yang bisa ditimbulkan oleh penyakit ini. Beberapa komplikasi antara lain kebutaan, stroke dan serangan jantung,” jelas dokter Bisuk.

Baca Juga:  Air Terjun Nguralawo Tamako: Perpaduan Alami dan Legenda

Dia juga menekankan bahwa dengan menghindari faktor resiko penyakit diabetes, maka peluang menderita penyakit dapat diturunkan.

“Beberapa faktor risiko yang harus diwaspadai misalnya kurang gerak badan, makanan tinggi gula dan kadar lemak yang tinggi dalam darah,” tukasnya.

Peserta tampak antusias dalam mengikuti edukasi. Beberapa peserta menanyakan hal-hal yang relevan dalam keseharian mereka dalam hubungannya dengan terjadinya penyakit kencing manis.

Acara yang dipandu oleh Ns. Minar Hutauruk, S.Kep tersebut, kemudian diakhiri dengan pembagian souvenir oleh dokter Bisuk maupun Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran, Dr. Sekplin Sekeon, Sp.S, MPH.

Dr. Sekplin berharap agar para peserta senantiasa mempraktikkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Di samping itu, sehubungan dengan situasi pandemi, diingatkan juga mengenai pentingnya disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk menurunkan penyebaran Covid-19.

(Benyamin)

Pos terkait