Caroll Senduk: Latsar Syarat Wajib bagi CPNS

  • Whatsapp

TOMOHON, MANADONEWS/CO.ID – Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III dan II Pemerintah Kota Tomohon Bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021 dilaksanakan secara virtual dari Command Center Mall Pelayanan Publik Kota Tomohon.

Penyelenggaran Latsar di Kota Tomohon selama 51 hari kerja, diikuti oleh 21 peserta dan dilaksanakan secara virtual dengan perincian 18 hari pembelajaran, 30 hari habituasi dan 3 hari evaluasi ini dibuka secara virtual oleh Kepala BPSDMD Sulut Drs. Marhaen Royke Tumiwa, M.Pd.

Wali Kota Tomohon dalam sambutan yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si, menyampaikan amanat Undang – Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan syarat wajib dalam pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS adalah menjalani masa prajabatan selama 1 tahun, yang di dalamnya diisi dengan kegiatan pelatihan dasar atau disingkat Latsar.

Baca Juga:  Inspektur Daerah Bolmong : 4 Tim Turun Awasi Dandes

“PNS sebagai unsur utama sumber daya manusia ASN memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” kata Wali Kota.

Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut, lanjut Wali Kota, adalah PNS yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

‘Untuk itu perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur Latsar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika pegawai negeri sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat,” urainya.

Kepada CPNS yang berjumlah 21 orang yang terdiri atas golongan III 19 orang dan golongan II 2 orang pada formasi Kota Tomohon tahun 2020, Wali Kota mengingatkan untuk menjalani latsar dengan baik dan tekun, sebagai bagian dari pendidikan formal, pembentukan karakter untuk berkarier dalam dunia birokrasi pemerintahan.

Baca Juga:  Danlantamal VIII Terima Penghargaan Dari Gubernur Sulut

“Mengikuti pelatihan dasar haruslah dipandang sebagai proses awal kalian memberdayakan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) maupun potensi diri sendiri, sehingga nantinya kalian siap menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang profesional dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas,” tukasnya.

Ia berharap para peserta dapat mengikuti semua materi dari para widyaiswara, baik dari pemerintah provinsi sulawesi utara maupun pemerintah kota tomohon sebab setiap materi yang diberikan akan dievaluasi sebagai bahan penilaian.

“Saudara-saudara harus patuh terhadap semua aturan-aturan yang sudah dibuat oleh panitia dan harus disiplin, jika ada yang melakukan pelanggaran, maka akan diberikan sanksi tegas yang tentunya akan bisa mempengaruhi kelulusan kalian sampai pada pengangkatan saudara sebagai PNS,” ujarnya mengingatkan.

Wali Kota mengapresiasi atas terlaksananya Latsar yang diselenggarakan oleh BPSDMD Kota Tomohon bekerjasama dengan BPSDMD Provinsi.

“Dari pengalaman kerjasama dan kemitraan yang telah dilaksanakan selama ini, telah terjalin hubungan yang baik sehingga beberapa kegiatan diklat bisa berjalan dan berhasil dengan baik. Semoga hubungan baik ini akan senantiasa terjaga dalam pelaksanaan kegiatan kediklatan di waktu yang akan datang,” ucapnya.

Baca Juga:  Konser Agnes Mo Spektakuler

Hadir secara langsung di Command Center Asisten Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi, M.A.P., Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Tomohon Josias Makalew, S.Pt.

Pos terkait